Minggu, 04 Apr 2021 06:00 WIB

5 Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Sehabis Olahraga

Ardela Nabila - detikHealth
Video lesson. overweight young woman repeating exercises while watching online workout session Pilihan makanan sehabis olahraga (Foto: iStock)
Jakarta -

Setelah berolahraga, kamu mungkin merasa lelah dan lapar, apalagi jika sebelum olahraga tubuh belum mendapat asupan apapun. Namun, tidak semua jenis makanan atau minuman boleh dikonsumsi setelah berolahraga, lho.

Meski setelah berolahraga tubuh membutuhkan asupan makanan untuk mengembalikan energi, membentuk otot, dan meningkatkan metabolisme, jenis makanan yang salah justru akan membuat sesi olahraga menjadi sia-sia.

Pasalnya, sejumlah makanan sulit untuk dicerna, mengandung banyak gula, serta mengandung lemak jenuh yang justru dapat berbahaya jika dikonsumsi setelah berolahraga. Dikutip dari laman Eat This, berikut 5 jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan setelah berolahraga.

1. Makanan pedas

Makanan pedas merupakan jenis makanan yang sulit dicerna oleh tubuh, sehingga perlu untuk dihindari setelah berolahraga. Menurut Michelle Neverusky, Fitness Manager di Carillon Miami Beach, untuk mengembalikan tingkat gula setelah berolahraga, tubuh membutuhkan makanan rendah protein dan gula yang mudah dicerna.

2. Minuman soda

Minuman soda memang terlihat menyegarkan, terutama setelah dikonsumsi setelah berolahraga. Akan tetapi, perlu diingat untuk selalu menghindari jenis minuman yang satu ini. Sebab, tubuh membutuhkan minuman yang bisa menggantikan cairan yang sebelumnya telah digunakan selama sesi olahraga. Sementara itu, soda tidak bisa menggantikan cairan tersebut. Sebaliknya, soda bisa membuat perut menjadi kembung.

3. Makanan berlemak

Makanan berlemak, seperti gorengan, yang mengandung banyak minyak merupakan jenis makanan yang juga sulit untuk dicerna oleh tubuh. Sehingga, nantinya dapat memperlambat penyaluran nutrisi ke otot.

4. Minuman manis

Minuman manis, seperti jus, harus dihindari setelah berolahraga karena mengandung kadar fruktosa yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan tubuh menjadi sulit mencernanya, sehingga menyebabkan pembakaran lemak menjadi lambat. Selain itu, makanan dan minuman tinggi gula juga dapat memperlambat metabolisme tubuh.

5. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji mengandung lemak trans yang tidak baik untuk tubuh. Selain tidak sehat, makanan cepat saji tidak bisa mengembalikan energi setelah berolahraga. Tak hanya itu, kandungan lemak pada makanan cepat saji atau fast food akan membuat olahraga justru menjadi sia-sia.



Simak Video "Pahami Diet dengan Benar Biar Pintar"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)