Selasa, 22 Jun 2021 21:32 WIB

Deretan Makanan Penyebab Asam Urat yang Harus Dihindari

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Asian woman suffering from pain in bone against gray background, Concept with hand arthritis grimace in pain Foto: iStock
Jakarta -

Penyakit asam urat bisa terjadi karena pengaruh dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Ada beberapa makanan penyebab asam urat yang mungkin kerap kali dikonsumsi, misalnya seperti jeroan dan daging merah.

Menurut National Institute of Health, asam urat adalah bentuk radang sendi yang berasal dari penumpukan asam urat dalam tubuh. Penumpukan itu menyebabkan pembentukan 'kristal' asam urat kecil di persendian, yang merupakan sumber rasa sakit.

Apa saja sih minuman dan makanan penyebab asam urat itu? Berikut penjelasannya yang dikutip dari berbagai sumber

1. Daging merah

Dikutip dari Prevention, reumatologis dan peneliti translasi di UCLA Health, Elizabeth Volkmann, MD, mengatakan semua sumber protein hewani cenderung mengandung purin yang tinggi. Salah satu makanan penyebab asam urat yang dianjurkan untuk dihindari atau dibatasi adalah daging merah.

Selain purin, daging merah juga mengandung lemak jenuh yang dikaitkan dengan asam urat. Sementara untuk organ atau jeroan, seperti lidah, hati, otak, itu harus sangat dihindari.

2. Asparagus

Meski sayuran sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh, ada beberapa jenis sayuran yang harus dikonsumsi secara terbatas salah satunya asparagus.

"Kami tidak menganjurkan pasien untuk menghindarinya, tetapi kamu merekomendasikan untuk memakannya dalam jumlah sedang," kata Volkmann.

Tak hanya asparagus, aturan ini juga berlaku untuk jamur dan bayam. Sebab, sayuran-sayuran ini mengandung jumlah purin yang tinggi.

3. Makanan laut atau seafood

Beberapa jenis makanan laut atau seafood juga mengandung purin dalam jumlah yang tinggi. Untuk itu, makanan penyebab asam urat ini harus dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah yang kecil jika khawatir bisa memicu asam urat.

Dikutip dari Mayo Clinic, beberapa jenis seafood yang sebaiknya dihindari seperti lobster, udang, sarden, ikan teri, ikan tuna, kerang, dan mackerel.

4. Asupan yang mengandung banyak gula

Makanan penyebab asam urat selanjutnya adalah yang mengandung banyak gula. Misalnya seperti sereal yang manis, roti, permen, minuman manis, dan soda. Disarankan untuk memilih minuman atau makanan manis yang tidak mengandung gula tambahan.

5. Alkohol

Mengkonsumsi minuman keras berkaitan dengan peningkatan risiko dan kembalinya serangan asam urat. Beberapa kasus memang melaporkan tidak ada peningkatan risiko usai mengkonsumsi minuman anggur yang tidak terlalu banyak. Tetapi, sangat disarankan tidak konsumsi minuman beralkohol untuk menjaga kondisi tubuh, atau konsultasi ke dokter lebih dulu.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)