Kamis, 02 Sep 2021 10:16 WIB

Lagi Hits

Mau Turun BB Belasan Kg Dalam Sebulan Seperti Ivan Gunawan? Ini Tipsnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Cropped shot of an unrecognizable woman struggling with weight issues Tips diet dan hidup sehat. (Foto: Getty Images/katleho Seisa)
Jakarta -

Selebriti Ivan Gunawan sukses pangkas belasan kilogram dalam sebulan yang bikin pangling banyak orang. Ia terlihat semakin menawan dengan penampilan barunya.

Apa sih tipsnya?

"Ternyata kunci hidup sehat itu adalah merubah gaya hidup .... badan kita itu begitu pintar memilah mana makanan yg bisa dicerna mana yg tidak," tulis seleb yang akrab disapa Igun itu di akun Instagramnya.

Desainer kondang itu juga mengakui dirinya mengalami obesitas dan mengajak semua orang untuk beralih ke hidup yang lebih sehat, seperti dirinya.

Memiliki berat badan ideal adalah dambaan hampir setiap orang. Menurunkan berat badan tidak bisa hanya dengan mengurangi asupan makanan saja, tapi juga harus diimbangi dengan kebiasaan sehat lainnya seperti olahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai gaya hidup sehatmu.

Kurangi gula dan karbohidrat olahan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat. Ketika rutin melakukannya, tingkat lapar akan menjadi turun sehingga Anda biasanya makan lebih sedikit.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2020 menunjukkan bahwa diet karbohidrat sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan terutama pada populasi yang lebih tua.

Mengurangi gula dan pati, atau karbohidrat, dapat membantu mengekang nafsu makan, menurunkan kadar insulin, serta membuat Anda menurunkan berat badan.

Olahraga!

Olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Olahraga angkat beban memiliki manfaat yang sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Jika tidak tertarik melakukan angkat beban, beberapa pilihan latihan kardio seperti berjalan, jogging, berlari, bersepeda, atau berenang sangat bermanfaat baik untuk menurunkan berat badan atau kesehatan secara umum.

Selain itu, berikut tips lainnya untuk menurunkan berat badan lebih cepat dikutip dari Healthline.

1. Sarapan. Makan sarapan yang berprotein tinggi dapat membantu mengurangi ngidam dan nyemil sepanjang hari.

2. Hindari minuman manis dan jus buah kemasan.

3. Minum air sebelum makan.

4. Perbanyak serat dari sayur dan buah.

5. Minum kopi atau teh. Konsumsi kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

6. Makan perlahan.

7. Tidur yang cukup.



Simak Video "Cara Hitung Indeks Massa Tubuh untuk Ketahui Obesitas"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)