Jumat, 03 Sep 2021 18:48 WIB

Intip Resep Para Seleb Pangkas BB Puluhan Kg, Ivan Gunawan-Citra Kirana

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Citra Kirana saat ditemui di kawasan Kebayoran. Citra Kirana hingga Ivan Gunawan yang sukses menurunkan berat badan puluhan kilogram. (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta -

Transformasi presenter Ivan Gunawan sukses bikin pangling. Bagaimana tidak, dalam satu bulan ia mampu menurunkan 21 kilogram, berkat pola diet yang dijalani dengan bantuan dokter.

Kunci sukses diet pria yang akrab disapa Igun ternyata mengubah pola makan. Tak hanya Igun, sederet artis lain juga sempat menuai sorotan karena berhasil menurunkan puluhan hingga belasan kilogram.

Salah satunya aktris cantik Citra Kirana, yang mengaku bobotnya hampir menyentuh 100 kilogram di masa kehamilan. Apa sih rahasia para seleb menurunkan berat badan? Berikut rangkuman detikcom.

1. Citra Kirana

Tidak ada yang menyangka berat badan aktris Citra Kirana sempat meningkat tajam di masa kehamilan. Istri Rezky Aditya ini ternyata doyan ngemil dan merasa porsi makannya seperti tak bisa dikontrol saat mengandung bayi.

"Aku nggak ngerti kayak makan apa aja (selama hamil)," sebut wanita yang akrab disapa Ciki dalam YouTube Ciky Citra Rezky akhir Mei lalu.

Turun drastis dari 96 kilogram, Citra tak banyak melakukan perubahan di masa diet. Ia hanya fokus membatasi asupan makanan, terutama yang manis-manis.

Ditambah mulai rutin mengonsumsi real food. Bahkan, Citra Kirana mengaku masih suka mengonsumsi nasi hingga nasi uduk dengan sang suami.

"Dan nggak ngemil-ngemil, sih. Maksudnya ngemil yang cake terus yang gitu-gitu udah lumayan jarang banget. Yang tadinya everytime, everyday. Selalu makan cake atau yang manis-manis gitu," tutur Citra.

"Real food tuh maksudnya makanan yang utuh. Jadi yang tanpa olahan. Makan sosis itu sebenernya kan olahan, ya? Kalau mau daging yang utuh daging aja, steak gitu (masih) okay," pungkas dia.

2. Tya Ariestya

Buku diet yang dibuat Tya Ariestya sempat menuai pro-kontra, tetapi dirinya termasuk seleb yang berhasil menurunkan berat badan hingga belasan kilogram. Dari semula 74 kg, berhasil turun ke 55 kg dengan rutin menyempatkan diri jalan kaki setiap hari 45 menit.

Tya yang menjalani diet dengan konsultasi bersama dokter juga menyetop makanan santan, tepung, minyak, hingga gula. Rutin meminum 3 liter air putih per hari, dan menjaga pola tidurnya di 6 hingga 8 jam.

Lebih lanjut, Tya menekankan program diet perlu dijalani secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

"Cuma perlu tambahan niat untuk lebih sehat, mental yang kuat untuk tetap pada jalannya, dan konsisten," jelas Tya dalam wawancaranya di YouTube ITIKK Family.

3. Ricky Cuaca

Benar jika diet harus dijalani secara konsisten. Hal itu juga dialami Ricky Cuaca yang akhirnya bisa menurunkan berat badan sampai 60 kilogram selama 2 tahun, berat badannya dulu bahkan di atas 100 kilogram.

Kurang lebih sama dengan seleb lainnya, kunci Ricky Cuaca menurunkan berat badan adalah mengubah kebiasaan termasuk pola makan. Selain itu, pesan dia, jangan menjadikan program diet sebagai beban.

"Dulu jaman sekolah tiap sarapan nyokap gue pasti udah siapin nasi goreng, bubur ayam, lontong sayur, nasi uduk, nasi kuning kalian juga gak?," jelas dia dalam YouTube Trans7 LifeStyle.

"Hal itu membawa kebiasaan kalau sarapan harus makan itu. Coba kalau kita mulai maksain kebiasaan adalah sarapan ya roti cukup, susu aja cukup, atau singkong sebiji juga cukup."

Diet tanpa menikmati setiap prosesnya diakui Ricky sulit berhasil. Sebab, tak sedikit yang akhirnya menyerah atau kemudian memilih 'cheating' hingga gagal diet.

"Yang namanya proses diet itu ya lo harus sabar. nikmati prosesnya, nikmati setiap bunyi kriuk-kriuk di perut lo, balik lagi semuanya adalah perjuangan," pesan presenter tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]