Rabu, 15 Sep 2021 11:49 WIB

Dada Ivan Gunawan Bergelambir Usai Turun 25 Kg, Berencana Jalani Operasi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ivan Gunawan saat tampil di Brownis. Ivan Gunawan. (Foto: Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta -

Selebriti Ivan Gunawan kini tampil lebih segar setelah turun 25 kg dalam dua bulan terakhir. Namun ada satu hal yang ia keluhkan setelah berat badannya turun, yakni kulitnya jadi bergelambir.

"Tapi ini nih (gelambir dada), nggak hilang. Kalau kata dokter, ini tuh penumpukan gue kemarin makan tepung-tepungan, makan yang aneh-aneh," katanya saat berbincang dengan Deddy Corbuzier, dilihat detikcom Rabu (15/9/2021).

Desainer kondang itu merasa bagian dadanya yang bergelambir perlu dihilangkan. Untuk itu ia berencana melakukan operasi.

Operasi itu akan ia lakukan setelah ia berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 20 kg lagi. Ivan menargetkan berat badannya di sekitar 120 kg.

"Mesti operasi, orang ada pemindahan pentil segala," sebut Ivan.

Alasan kulit bergelambir setelah diet

Orang yang berhasil menurunkan berat badan secara signifikan biasanya akan mengalami kulit yang kendur, membuat mereka tidak pede dengan penampilannya. Hilangnya massa lemak selama diet dapat membuat kulit dan badan menjadi bergelambir.

Kulit manusia seperti balon. Selama penambahan berat badan, kulit mengembang untuk memberi ruang bagi peningkatan pertumbuhan di perut dan bagian tubuh lainnya. Kehamilan adalah salah satu contoh dari ekspansi ini.

Ketika kulit telah meregang secara signifikan dan tetap seperti itu untuk jangka waktu yang lama, serat kolagen dan elastin menjadi rusak. Akibatnya, mereka kehilangan sebagian dari kemampuan elastisitasnya.

Akibatnya, ketika seseorang kehilangan banyak berat badan, kelebihan kulit akan terlihat. Secara umum, semakin besar penurunan berat badan, semakin jelas efek kulit kendur.

Mengatasi kulit bergelambir dan kendur tidak harus dengan operasi, seperti yang bakal dijalani Ivan Gunawan. Ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan salah satunya dengan rutin minum air putih.



Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)