Kamis, 30 Sep 2021 05:58 WIB

Sedang Diet? 6 Pengganti Nasi Ini Rendah Kalori, Tapi Tetap Bikin Kenyang

Tim detikHealth - detikHealth
Cooked rice in a clay pot Ilustrasi nasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/kuppa_rock)
Jakarta -

Belum kenyang rasanya kalau belum makan nasi. Padahal bagi yang sedang diet, berlebihan makan nasi adalah sumber kalori utama yang bikin berat badan susah dikontrol.

Kenapa nasi bikin gemuk? Nasi adalah karbohidrat, yang di dalam tubuh akan dipecah menjadi glukosa. Glukosa ini yang akan diedarkan ke seluruh tubuh sebagai sumber energi.

Ketika kebutuhan sumber energi tidak sebanding dengan asupan nasi, maka akan disimpan dalam bentuk lemak. Bukan itu saja, glukosa yang terlalu tinggi di dalam darah dalam jangka panjang juga meningkatkan risiko diabetes.

Nah, lalu harus makan apa kalau tidak boleh terlalu banyak makan nasi? Ini alternatifnya:

1. Quinoa

Salah satu yang populer adalah quinoa, yakni biji-bijian yang diklaim bebas gluten dan memiliki protein jauh lebih tinggi dibanding nasi. Quinoa juga memiliki banyak kandungan nutrisi lain yang berguna bagi tubuh.

2. Jelai

Jelai atau barley sepintas mirip gandung dengan tekstur yang kenyal. Selain memberikan asupan kalori yang setara nasi, jelai punya lebih banyak kandungan nutrisi. Disebut-sebut, jelai juga bisa menurunkan kadar kolesterol.

3. Brokoli

Brokoli bisa menjadi alternatif pengganti nasi karena seratnya juga bikin kenyang. Meski demikian, tiap 57 gram brokoli hanya mengandung kalori sebanyak 15 kkal sehingga tidak cepat bikin gemuk. Tentu saja, sayuran ini punya lebih banyak sumber antioksidan.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Menko PMK Singgung Diet Ekstrem Berpotensi Picu Stunting"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)