Jumat, 29 Okt 2021 22:02 WIB

8 Tips Diet Turunkan BB Tanpa Olahraga, Coba Makan Pakai Piring Merah

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Foto: istock
Jakarta -

Bagi yang mau memulai diet pada awalnya mungkin akan terasa sulit untuk mengurangi porsi makan atau berolahraga. Bahkan, tak sedikit yang pada akhirnya terus menunda diet. Daripada terus menunda, ada baiknya mencoba tips rutinitas makan yang bisa turunkan berat badan.

Dikutip dari Healthline, ternyata ada beberapa rutinitas saat makan yang dapat membantu menurunkan berat badan, tanpa harus rutin olahraga. Adapun tips rutinitas makan yang bisa dicoba sebagai berikut.

1. Kebiasaan mengunyah secara perlahan

Kebiasaan makan ini dianggap efektif oleh sains untuk menurunkan berat badan. Sebab, dengan mengunyah secara perlahan bisa membantu meningkatkan rasa kenyang dan mendorong untuk mengonsumsi makanan lebih sedikit.

Selain itu, tinjauan dari 23 studi observasional menyebutkan bahwa orang yang makannya lebih cepat mungkin lebih mudah mengalami kenaikan berat badan daripada orang yang makannya lebih lambat.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mulai membiasakan diri agar makan lebih lambat dan coba untuk menghitung berapa kali mengunyah setiap gigitan.

2. Gunakan piring kecil untuk makanan tidak sehat

Meski terdengar sepele menggunakan piring kecil dapat membantu seseorang mengonsumsi makanan lebih sedikit dengan membuat porsi terlihat besar. Sebaliknya, menggunakan piring besar justru bisa membuat porsi makan terlihat lebih sedikit sehingga mendorong seseorang untuk menambah porsi makannya.

Salah satu tipsnya dengan mengatur piring besar hanya untuk mengonsumsi makanan sehat dan piring kecil untuk makanan yang tidak sehat.

3. Makan banyak protein

Protein bermanfaat untuk meningkatkan rasa kenyang, mengurangi lapar, dan membantu seseorang mengonsumsi sedikit kalori.

Kemungkinan karena protein mempengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang, termasuk ghrelin dan GLP-1. Sebuah studi melaporkan peningkatan asupan protein dari 15% menjadi 30% akan membantu peserta makan 441 kalori lebih sedikit per hari. Makanan yang mengandung protein tinggi di antaranya dada ayam, ikan, yogurt, telur, quinoa, dan almond.

4. Simpan makanan tidak sehat

Usahakan untuk menyimpan makanan tidak sehat, seperti keripik, gorengan, minuman manis di tempat yang sulit dijangkau. Simpan semua makanan tidak sehat jauh dari pandangan mata.

Menyimpan makanan tidak sehat di tempat yang mudah dijangkau bisa meningkatkan rasa lapar dan mendorong seseorang untuk makan lebih banyak. Alih-alih makanan tidak sehat, sebaiknya letakkan buah-buahan dan sayuran di tempat yang mudah dijangkau.

Selain tips di atas, masih ada banyak tips lain rutinitas makan yang bisa mengurangi berat badan.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Bocoran Ade Rai soal Diet Sehat ala Jenderal Andika Perkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)