Sabtu, 25 Des 2021 08:30 WIB

Jangan Lapar Mata! Ini 6 Tips Cegah Gagal Diet di Hari Natal

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tips Aman dan Puas Makan Sajian Natal di Rumah Kerabat Tips bebas lapar mata di perayaan Natal. (Foto: Getty Images/knape)
Jakarta -

Ayam panggang, kue jahe, dan berbagai hidangan mulai dari makanan berat hingga camilan tersedia saat perayaan Natal. Biasanya nih orang nggak sadar lagi tentang dietnya karena terlalu fokus dengan makanan yang tersaji.

Beragam sajian lezat tersaji saat perayaan Natal. Tapi ingat, jangan sampai makanan tersebut membuat Anda kalap makan karena lapar mata.

Berikut tips mencegah gagal diet saat perayaan Natal dikutip dari berbagai sumber.

Tips cegah gagal diet

1. Gunakan piring ukuran kecil

Saat mengambil makanan, usahakan pilih piring yang lebih kecil. Cukup penuhi piring tersebut dan jangan menumpuk makanan.

Pilihan makanan yang kamu ambil juga berperan penting untuk mencegah gagal diet. Lebih baik utamakan sumber serat dan protein seperti buah-buahan dan sayuran serta batasi makanan berminyak dan kerupuk.

2. Makan perlahan

Penelitian yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan makan dengan perlahan membantu tubuh cepat kenyang sehingga mengurangi keinginan makan kalap. Hal ini karena tubuh bisa merespons sinyal kenyang dengan baik sehingga memicu kamu berhenti makan.

3. Batasi alkohol

Demi berat badan ideal, batasi konsumsi agar tidak melebihi dua gelas saat perayaan Natal. Jika perlu, Anda dapat mengganti alkohol dengan minuman nol kalori seperti air mineral atau es teh tawar.

4. Pilih buah daripada camilan manis

Berbagai kue kering, cake hingga dessert manis lainnya tentunya mudah ditemui saat Natal. Anda bisa saja mengonsumsinya, tapi dalam porsi kecil. Anda bisa menyiasati keinginan makan makanan manis dengan melahap buah segar.



Simak Video "Ahli Gizi Jawab soal Diet Harus Batasi Garam dan Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)