Kamis, 03 Feb 2022 05:00 WIB

7 Makanan Ini Wajib Dihindari dalam 14 Hari Pertama Diet Tanpa Gula

Hartaty Varadifa - detikHealth
7 Tips Diet Terbaik Tahun 2021 Menurut Pakar Kesehatan Foto: Eat This, Not That!
Jakarta -

Menghindari makanan yang mengandung gula kerap menjadi keharusan dalam menjalani diet. Karena pada dasarnya gula dapat membuat seseorang obesitas dan sulit untuk menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu, diet tanpa gula juga dapat menjaga kesehatan tubuh seperti mempertahankan tingkat glukosa yang sehat dalam tubuh. Maka perlu untuk memperhatikan asupan gula yang ada di makanan.

"Para ahli sepakat bahwa membatasi gula tambahan memiliki banyak manfaat, mulai dari pemeliharaan berat badan hingga kesehatan jantung. Perlu diingat bahwa makanan dengan gula alami, seperti buah, masih bisa menjadi pilihan yang baik serta bagian dari diet sehat," jelas pakar diet Chrissy Carroll, RD, MPH, seperti dikutip dari Verywell Fit.

Agar dapat menjalani diet dengan baik kamu dapat mengontrol sendiri makanan tanpa gula terkhususnya selama 14 hari diet pertama. Berikut ini daftar makanan tanpa gula yang perlu dihindari:

1. Roti putih

Roti putih atau tepung memiliki tingkat indeks glikemik yang sangat tinggi, dan dapat meningkatkan kadar gula, maka harus dihindari saat menjalani diet.

Hindari mengkonsumsi roti putih dan selai sebagai sarapan sebagai gantinya bisa dengan gandum utuh seperti quinoa atau pasta gandum.

2. Keripik

Banyak orang yang mungkin belum menyadari bahwa keripik diisi dengan gula tambahan. Karena kerap makanan berlabel rendah lemak mengandung lebih banyak gula untuk meningkatkan rasanya.

Maka perlu untuk membaca label dan memeriksa kadar gulanya. Daripada konsumsi keripik lebih baik mengkonsumsi gula alami dari buah.

3. Fast food

Fast food pastinya sudah menjadi pantangan makanan dalam 14 hari diet pertama. Karena fast food tentunya memiliki kadar gula yang tinggi serta minyak yang tidak sehat untuk tubuh.

Hindari makanan cepat saji dan cobalah untuk memasak sendiri agar dapat mengontrol asupan yang lebih sehat.

4. Cookies

Saat melakukan diet tanpa gula, dalam 14 hari pertama cobalah untuk menghindari cemilan seperti cookies. Hal ini karena cemilan ini mengandung gula yang tinggi dan tidak memberikan kalori.

KLIK DISINI UNTUK KE HALAMAN BERIKUTNYA



Simak Video "Ahli Gizi Jawab soal Diet Harus Batasi Garam dan Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)