Selasa, 22 Feb 2022 07:02 WIB

9 Makanan Pereda Nyeri Tenggorokan, Bekal Isoman untuk Pasien Omicron

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Layanan isoman Kemenkes memberikan kemudahan bagi masyarakat guna mendapatkan obat selama menjalankan isoman. COVID-19 (Foto: Getty Images/MarioGuti)
Jakarta -

Salah satu gejala khas pada COVID-19 varian Omicron adalah nyeri tenggorokan. Tenang, ada banyak bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk membantu meredakannya.

Tetapi ingat ya, gejala yang mereda tidak selalu menandakan infeksi virus teratasi. Bisa saja virusnya masih ada dan masih menular, sehingga anjuran isolasi mandiri (isoman) tetap harus dilanjutkan sesuai ketentuan.

Terkait asupan untuk meredakan nyeri tenggorokan, pakar gizi dari Universitas Esa Unggul Nadiyah S.Gz, M.Si, C.Ht, CSRS memaparkan 9 modifikasi makanan dan minuman yang bisa dibuat sendiri. Berikut di antaranya:

1. Makanan lunak

Tekstur yang lebih lembut pada makanan semi padat memudahkan seseorang untuk mengunyah, menelah, dan mencernanya. Contoh makanan seperti ini adalah bubur kacang ijo, nasi tim, puding buah, sup makaroni ayam, dan tim tahu.

Tidak disarankan menggunakan santan kental, gorengan, dan sayuran yang menimbulkan gas. Keripik yang terlalu gurih dan bumbu-bumbu terlalu tajam juga sebaiknya dihindari.

2. Puding

Selain memiliki tekstur yang nyaman bagi tenggorokan, puding juga bisa dimodifikasi agar lebih kaya protein yakni dengan menambahkan susu. Agar proteinnya tidak rusak, sebaiknya tambahkan susu kira-kira 3 menit setelah kompor dimatikan.

3. Madu hangat

Madu memiliki efek antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi. Bisa digunakan sebagai bahan terapi, caranya dengan disajikan sebagai minuman hangat. Pasien isoman disarankan konsumsi madu 20 gram per hari, ditambah curcuma 40 gram per hari sebagai sumber nutrasetikal untuk pasien isoman.

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Jangan Euforia Dulu! Epidemiolog Minta Waspada soal BA.2"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)