ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Feb 2022 18:59 WIB

Kerap Terabaikan, 8 Kesalahan Ini Paling Sering Menggagalkan Diet

Hartaty Varadifa - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Gagal diet (Foto: istock)
Jakarta -

Ketika melakukan diet kerap seseorang hanya berfokus pada asupan makanan tapi tidak memperhatikan hal-hal yang bisa menyebabkan seseorang gagal menjalani diet. Seperti kurang tidur, stres, dan merasa sedih menjalaninya.

Beberapa orang mungkin merasa tidak senang dengan makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menggagalkan diet. Padahal, diet yang sehat adalah jika seseorang bisa menikmati asupan yang sudah ditentukan jangan sampai membuat stres yang berpengaruh pada proses diet.

Bagi kamu yang sedang menjalani diet berikut ini beberapa faktor yang dapat menggagalkan diet yang perlu kamu ketahui:

1. Membuat tujuan yang tidak realistis

Dikutip dari Mind Body Green, menetapkan tujuan yang tidak realistis merupakan salah satu penyebab gagal diet. Maka, sebelum melakukanya buatlah rencana diet yang jelas. Pahami tujuan diet karena dalam melakukan butuh ketekunan yang konsisten.

Contohnya, kamu ingin menurunkan berat badan hingga 5 kg tapi tanpa olahraga dalam seminggu. Namun, upaya yang diterapkan sangatlah kurang, durasinya pun terlalu pendek. Sehingga cukup mustahil untuk menurunkan berat badan sebanyak itu.

Maka, perlu menetapkan visi jangka pendek yang realistis. Tentu pilih diet yang membuat tetap merasa nyaman.

2. Makan dengan emosional

Apakah kamu pernah makan tanpa garam dan gula sehingga membuatmu merasa stres atau sedih saat mengonsumsi makanan? Ini akan menjadi penyebab gagal diet.

Jika seseorang makan dengan perasaan sedih atau stres, makanan itu bisa jadi tidak sehat lho! Hal ini pun akan berpengaruh pada proses diet yang membuatnya tidak konsisten. Coba lakukan meditasi.

Meditasi dapat membantu kamu lebih sadar akan kebutuhan tubuh yang sebenarnya. Amati emosi serta pikiranmu. Aktivitas ini akan membuat kamu merasa lebih baik daripada salah mengartikannya.

Maka, hilangkan kebiasaan makan secara emosional agar tidak menggagalkan diet kamu.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN BERIKUTNYA



Simak Video "Ahli Gizi Jawab soal Diet Harus Batasi Garam dan Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT