ADVERTISEMENT

Rabu, 04 Mei 2022 07:01 WIB

4 Saran Dokter Gizi Agar Berat Badan Tak Meroket Sehabis Lebaran

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Video lesson. overweight young woman repeating exercises while watching online workout session Berat badan meroket sehabis lebaran (Foto: iStock)
Jakarta -

Dokter gizi memastikan santapan lezat saat lebaran tidak bakal memicu kenaikan berat badan secara drastis. Jadi jika tubuh menggemuk dalam beberapa pekan ke depan, maka ada yang salah dengan pola makan.

Menurut dr Juwalita Surapsari, SpGK, M.Gizi dari RS Pondok Indah, peningkatan berat yang signifikan badan tidak semudah yang dibayangkan. Butuh asupan kalori yang cukup banyak, yang tidak mungkin dicapai hanya dalam 2 hari selama lebaran.

"Dengan memperkirakan bahwa 1/2 kilogram jaringan lemak mengandung 3.500 kkal, maka berat badan kita (dalam hal ini jaringan lemak) akan bertambah 1 kilogram apabila kita kelebihan 7.000 kkal dalam makanan yang kita konsumsi," jelasnya.

Dengan perhitungan tersebut, seseorang yang biasa mengonsumsi 2.000 kkal sehari harus menyantap 5.500 kkal selama 2 hari agar berat badannya naik 1 kg.

"Angka ini tentu saja besar sekali dan sulit tercapai dalam 2 hari tersebut," tegas dr Juwalita.

Namun demikian, tidak bisa dipungkiri ada banyak orang yang mengeluh berat badannya meroket selepas lebaran. Nah, agar tidak harus mengalaminya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Batasi minuman manis

Menurut dr Juwalita, minuman manis seperti sirup mengandung kalori tersembunyi yang bisa meningkatkan calorie intake tubuh seseorang. Saran dr Juwalita, perbanyak minum air putih agar masih bisa menyantap kue kering kesukaan.

2. Segera kembali diet yang sehat

Selama 2 hari makan berlebih memang tidak meningkatkan berat badan secara drastis, tetapi kebanyakan orang tidak berhenti hanya dalam 2 hari. Selepas lebaran, masih lanjut halal bihalal yang hidangannya tidak kalah lezat. Saran dr Juwalita, batasi makan sembarangan dan mulai kembali ke diet seimbang.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Anjuran Porsi Sahur yang Ideal Menurut Dokter Gizi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT