Sabtu, 04 Jun 2022 10:10 WIB

7 Minuman Penghancur Lemak, Cocok Buat yang Lagi Diet

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Ini 7 Manfaat Sehat Minum Teh Hijau Campur Madu Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Tidak ada minuman yang secara langsung dapat menurunkan berat badan. Namun, jika dikombinasikan dengan gaya hidup yang sehat, minuman dengan kandungan tertentu akan memberikan dampak yang baik.

Dikutip dari Healthline, terdapat beberapa minuman terbaik yang dapat dimasukan ke dalam daftar harus dicoba jika ingin menurunkan berat badan.

1. Teh Hijau

Teh hijau sering dikaitkan dengan minuman kesehatan karena mengandung antioksidan yang dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Sebanyak 14 studi telah menjelaskan bahwa seseorang yang mengonsumsi teh hijau dengan konsentrasi tinggi selama 12 minggu berturut-turut, kehilangan 0,2 hingga 3,5 kg bobot lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsi teh hijau.

Penelitian lain juga menjelaskan bahwa wanita yang mengonsumsi teh hijau sebanyak 3 gram per hari mengalami pembakaran lemak yang lebih besar saat berolahraga dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsinya.

2. Kopi

Kopi digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia untuk meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati. Tidak hanya itu, kafein yang terdapat dalam kopi juga dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Kopi dapat meningkatkan metabolisme sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang dilakukan pada 33 orang dewasa kelebihan berat badan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kopi dengan jumlah kafein 6 mg per kilogram berat badannya bisa mengonsumsi total kalori lebih sedikit.

3. Teh Hitam

Teh hitam adalah jenis teh yang lebih banyak mengalami oksidasi (paparan udara) dibandingkan dengan teh lainnya, sehingga menghasilkan rasa yang lebih pekat dan warna yang lebih gelap.

Teh hitam mengandung polifenol yang tinggi. Polifenol adalah antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2.734 wanita yang mengonsumsi lebih banyak makanan dan minuman kaya flavonoid, seperti teh hitam memiliki lemak tubuh jauh lebih rendah daripada wanita yang mengonsumsi flavonoid lebih sedikit.

4. Air

Meningkatkan asupan air adalah cara paling sederhana untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Minum lebih banyak air dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama di antara waktu makan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 48 orang dewasa yang kelebihan berat badan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi air sebanyak 500 ml sebelum makan sambil mengikuti diet rendah kalori kehilangan 44 persen lebih banyak berat badan dibandingkan mereka yang tidak minum sebelum makan.

5. Teh Jahe

Jahe populer digunakan sebagai bahan penambah rasa pada masakan dan sebagai obat herbal untuk mengobati sejumlah kondisi, seperti mual, pilek, dan radang sendi.

Studi yang dilakukan pada 10 pria yang memiliki kelebihan berat badan menemukan bahwa minum 2 gram bubuk jahe yang dilarutkan dalam air panas ketika sarapan meningkatkan rasa kenyang dan penurunan rasa lapar.

6. Minuman Tinggi Protein

Minuman tinggi protein dapat mengunci rasa lapar, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan rasa kenyang. Selain berbentuk minuman, banyak varian makanan yang mengandung protein tinggi, salah satunya cemilan tinggi protein.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 90 orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan, menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 56 gram whey protein setiap hari selama 23 minggu kehilangan 2,3 kg lebih banyak lemak daripada mereka yang tidak mengonsumsi whey protein.

7. Jus Sayuran

Jus buah sering dikaitkan dengan cara untuk menambah berat badan, jus sayuran memberikan efek sebaliknya.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang minum 16 ons jus sayuran rendah sodium saat mengikuti diet rendah kalori kehilangan berat badan secara signifikan daripada mereka yang tidak mengonsumsi jus tersebut.



Simak Video "Ahli Gizi Jawab soal Diet Harus Batasi Garam dan Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)