Sabtu, 18 Jun 2022 07:00 WIB

6 Ide Sarapan untuk Pengidap Asam Lambung

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Bubur Ayam PR, Penjual bubur ayam yang didatangi Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jalan Asia-Afrika ternyata bubur ayam legend di Kota Bandung Menu sarapan sejuta umat: bubur ayam (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Jakarta -

Sarapan merupakan asupan makanan awal yang dapat membantu meningkatkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Banyak kreasi menu sarapan yang dapat dipilih oleh seseorang sesuai dengan seleranya.

Namun, berbeda dengan pengidap maag yang harus memilih menu sarapan dengan tepat, salah memilih dapat meningkatkan produksi asam lambung yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dikutip dari Very Well Health, terdapat berbagai menu sarapan bagi pengidap maag yang dapat menahan produksi asam lambung, seperti:

1. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang menyehatkan jantung dan karena oat menyerap asam lambung, hal ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi gejala naiknya asam lambung.

Anda dapat menambahkan rasa pada oatmeal dengan rasa tropis, seperti pepaya yang mengandung enzim yang disebut dengan papain yang dapat menjadi obat alami untuk penyakit maag.

2. Sereal

Menu sarapan yang pas untuk penderita maag adalah makan makanan kecil sehingga dapat menghindari tekanan pada lower esophageal sphincter. Semangkuk sereal dengan gandum utuh dan rendah gula adalah pilihan terbaik.

Anda dapat menambahkan susu almond, setengah genggam kismis, dan seperempat cangkir kacang favorit untuk menambahkan rasa tanpa memperparah gejala naiknya asam lambung.

3. Smoothie

Smoothie bisa menjadi pilihan menu sarapan yang enak dan sehat karena kaya akan vitamin. Kombinasikan beberapa buah favorit agar anda lebih menikmati menu tersebut.

Anda bisa memulai dengan buah pisang lalu diikuti dengan buah-buahan beku, seperti stroberi dan buah non-jeruk lainnya. Bisa juga ditambahkan satu sendok selai kacang sebagai protein dan susu almond sebagai krimnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]