6 Makanan Pembersih Ginjal, Kubis Termasuk?

ADVERTISEMENT

6 Makanan Pembersih Ginjal, Kubis Termasuk?

Fadilla Namira - detikHealth
Selasa, 04 Okt 2022 06:00 WIB
Fresh green cabbage cross section with water drops on rustic wooden cutting board, kitchen knife in forground. Close up, selective focus
Makanan pembersih ginjal (Foto: Getty Images/iStockphoto/Dejan Kolar)
Jakarta -

Pengidap penyakit ginjal cenderung meningkat setiap tahun karena orang-orang semakin tidak peduli dengan kesehatan dan memiliki gaya hidup yang buruk. Padahal, ginjal adalah organ vital tubuh yang harus dijaga, salah satunya dengan konsumsi makanan pembersih ginjal secara rutin.

Sepasang organ berbentuk kacang ini mempunyai bertanggung jawab besar untuk tubuh, seperti menyaring limbah dan racun dari dalam darah, melepaskan hormon pengatur tekanan darah, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, memproduksi urine, serta banyak tugas penting lainnya.

Semakin tinggi perannya, maka faktor risiko organ tersebut terkena penyakit juga meningkat. Gula darah yang tidak terkontrol dan tekanan darah tinggi menyebabkan kerusakan pembuluh darah pada ginjal sehingga mengurangi kemampuannya untuk bekerja secara optimal.

Oleh karena itu, masyarakat perlu menjalani pola hidup sehat dengan rajin konsumsi makanan "ramah" ginjal dan berolahraga.

Makanan Pembersih Ginjal

Dikutip dari Healthline, berikut ini adalah beberapa makanan pembersih usus yang layak dicoba dan mudah ditemukan:

1. Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran bergizi dan sumber dari banyak nutrisi baik untuk ginjal, termasuk vitamin C, vitamin K, vitamin B folat, dan serat. Juga dalam kandungannya, ia kaya dengan senyawa antiinflamasi, seperti indole. Ditambah, kembang kol tumbuk dapat digunakan sebagai pengganti kentang untuk lauk kalium yang rendah.

2. Bluberi

Bluberi mengandung zat antioksidan bernama anthocyanin yang dapat mencegah penyakit jantung, kanker, penurunan kognitif, dan diabetes. Secara khusus, ia baik untuk pengidap penyakit ginjal karena rendah natrium dan kalium.

3. Anggur Merah

Anggur merah yang dimaksud bukan olahan minuman berupa alkohol, namun buah asli yang masih segar. Tidak hanya lezat, anggur merah memiliki segudang gizi, seperti vitamin C dan flavonoid sebagai pencegah peradangan.

Buah ini dikategorikan ramah ginjal karena hanya mengandung 1,5 mg natrium di tiap 75 gramnya. Selain itu, ia rendah kalium dan fosfor sehingga aman dikonsumsi pengidap gangguan ginjal.

4. Bawang Putih

Selain sumber antiinflamasi, bawang putih juga digunakan sebagai pengganti garam oleh pengidap gagal ginjal. Sebab, rasanya yang tidak kalah gurih dari garam disamping memberikan manfaat nutrisi, seperti vitamin C dan B6.



Simak Video "Cuci Darah Bukan Terapi yang Tepat untuk Gagal Ginjal Akut"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT