Viral 4 Tips Mudah Turunkan BB Versi Ade Rai, Pangkas Lemak dalam Seminggu

ADVERTISEMENT

Viral 4 Tips Mudah Turunkan BB Versi Ade Rai, Pangkas Lemak dalam Seminggu

Fitriana Fatmawati - detikHealth
Sabtu, 07 Jan 2023 12:01 WIB
Pria mana yang tidak pernah bermimpi punya perut sixpacks? Maestro binaraga Indonesia Ade Rai berbagi tips untuk mendapatkan tubuh ideal.
Ade Rai. (Foto: Ayunda/detikHealth)
Jakarta -

Viral tips mudah menurunkan berat badan versi Ade Rai. Banyak netizen yang mengaku sudah mencoba dan berhasil menurunkan BB dengan tips dari Ade Rai.

Salah satu metode diet yang disebut sangat berpengaruh dalam penurunan berat badan adalah intermittent fasting atau diet puasa. Diet puasa adalah membatasi jadwal makan seseorang sebanyak delapan jam. Contohnya, seseorang mengonsumsi makan siang sekitar pukul 11.00 dan dilanjut dengan makan malam pada pukul 19.00.

Melalui kanal YouTubenya, pria kelahiran 6 Mei 1970 itu membagikan tips mudah untuk menurunkan berat badan hanya dalam waktu satu minggu.

1. Ubah Jadwal Makan

Ade Rai menjelaskan hanya pada saat tidur, orang tidak akan makan. Artinya, sekitar 30 persen dalam 24 jam dihabiskan orang-orang untuk tidak makan. Dan sisanya, sebesar 70 persen adalah waktu untuk makan.

Menurut Ade Rai, hal tersebut tidak memungkinkan untuk menurunkan berat badan. Sebab, 70 persen adalah waktu yang lebih banyak dibandingkan 30 persen. Karena itu, Ade Rai menyarankan untuk menukar presentase tersebut. 30 persen untuk makan, dan 70 persen untuk yang tidak makan.

"Jadi terakhir makan misalnya jam 8 atau 9 malam, nanti baru makan lagi jam 11 siang sebagai breakfastingnya, maka teman-teman tau bahwa dengan tidak makan pagi langsung makan siang, maka terjadi perubahan persentase kepemilikan dimana jendela tidak makan kita justru menjadi yang lebih dominan," ujarnya di dalam video tersebut.

Mantan binaragawan itu memberikan opsi berupa time restricted feeding atau jam disiplin makan. Ia memberikan range untuk memilih durasi jendela makan yaitu:

  • 8 pagi - 4 sore
  • 10 pagi - 6 sore
  • 1 siang- 8 malam

"Kalau teman-teman bilang udah puluhan tahun harus makan pagi, oke berarti (dari) jam 8 pagi sampai jam 4 sore berarti terakhir makannya," tambah Ade Rai.

Ia juga tidak menyarankan untuk dry fasting (puasa kering), dimana orang-orang diperbolehkan untuk minum teh, ataupun kopi asal tidak memasukan gula ke dalam minuman tersebut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT