ADVERTISEMENT

Senin, 26 Mar 2018 22:15 WIB

Bagai Mencari Harta Karun, Plogging Run Makin Diminati di Sulsel

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Plogging run di Makassar (Foto: instagram)
Jakarta - Usai sukses adakan kegiatan plogging run pada pekan lalu, dua komunitas lari di Sulawesi Selatan ini kembali mengadakan plogging run untuk kedua kalinya. Dan tak diduga kegiatan ini makin banyak peminat dan bahkan telah menarik perhatian banyak warga sekitar.

Bahkan di kabupaten Maros, tak hanya warga atau anggota komunitas yang mengikutinya. Plogging run yang diinisiasi Ketua DRPD Maros dan Komunitas Maros Runners ini dihadiri juga oleh Bupati Maros, MH Hatta Rahman.

Disampaikan oleh Alfi Syahria, ketua Maros Runners, Bupati Hatta Rahman berinisiatif gabung dalam plogging run Ahad lalu (25/3/2018) sebagai bentuk dukungan dan apresiasi atas kegiatan tersebut. Karena plogging run ini baru pertama kalinya ada di kab. Maros.



"Dan ada juga tim dari Kementerian Lingkungan hidup, mereka penasaran, mau lihat langsung kayak gimana plogging run itu," imbuhnya. Ia bersyukur bahwa peminat yang mengikuti plogging run kemarin jauh lebih banyak dan berharap menjadi kegiatan rutin yang positif.

Hal yang sama diutarakan juga oleh Mute Amri, ketua dari komunitas Bosowa Runners Makassar. Plogging run yang diadakan pada hari yang sama dan kali ini mereka mengajak serta gabungan komunitas lari di kota tersebut.

"Sampahnya juga tentu lebih banyak dari pekan lalu karena jumlah pelari tadi pagi sekitar 20-an orang," ungkapnya kepada detikHealth, saat berbincang melalui pesan singkat, Senin (26/3/2018).

Beberapa warga akhirnya ikut berpartisipasi dalam plogging run, meski hanya sebatas membantu membuang sampah mereka di kantong-kantong yang dibawa oleh para pelari.

Mute juga menyebutkan walau masih saja ada yang keheranan dan kaget melihat segerombolan orang berlari sambil memungut sampah, antusiasme warga yang berada di area CFD juga sangat dengan kegiatan ini.

"Bahkan ada yang sampai memuji 'itu tawwa e lari sambil pungut sampah, keren (keren sekali lari sambil pungut sampah)," tutur Mute.



[Gambas:Instagram]



(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT