Jumat, 27 Apr 2018 16:44 WIB

Fenomena Weekend Warrior

Mereka Sang Weekend Warrior, Olahraganya Cuma Saat Weekend

Widiya Wiyanti - detikHealth
Mereka yang berolahraga di akhir pekan saja atau disebut weekend warrior. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Weekend adalah hal yang paling dinanti-nanti hampir semua orang, apalagi orang yang kesehariannya memiliki kesibukan yang super padat. Ada yang berniat untuk pergi jalan-jalan, kumpul bersama keluarga, sekedar leha-leha di rumah, atau malah menunggu saat untuk berolahraga.

Nah, orang-orang yang menanti-nanti weekend untuk berolahraga ini lah yang disebut weekend warrior. Saking sibuknya di hari biasa sampai-sampai tidak bisa berolahraga.

Seperti yang dialami Ramadhan (25), karyawan asal Tangerang yang bekerja di Jakarta. Bekerja setiap hari dengan jarak tempuh yang cukup jauh sangat menyita waktunya, untuk istirahat saja diakuinya kurang apalagi juga untuk berolahraga.

"Ya sebagai pekerja kantoran ada waktunya di weekend saja. Sabtu dan Minggu biasanya sepedaan," ujarnya kepada detikHealth.


Senada dengan Tora (24), karyawan swasta di Jakarta yang punya kesibukan luar biasa pada saat weekday. Menurutnya, olahraga saat weekend bisa membantunya menjaga kesehatan.

"Saya milih olahraga weekend karena supaya tidur tercukupi juga sih, karena selalu pulang kerja malem kan. Biar olahraga dapat, tapi tidur juga dapat," katanya.

Menanggapi kebiasaan orang-orang ini, dokter spesialis kedokteran olahraga dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta, dr Michael Triangto, SpKO mengatakan bahwa fenomena weekend warrior tidak sebaik olahraga teratur sebanyak 3-5 kali seminggu.

"Kalau olahraga sekarang, hasil perbaikan tubuh itu akan bertahan 2 x 24 jam. Misal olahraga di hari Senin maka akan bertahan sampai hari Rabu, setelah itu drop lagi," jelas dr Michael.

Kurva kebugaran seseorang yang menerapkan weekend warrior ini tidak akan stabil, saat hasil dari olahraga menghilang makan tingkat metabolisme tubuh akan menurun. Nilai positif dari olahraga pun juga akan berkurang.

(wdw/fds)