ADVERTISEMENT

Jumat, 27 Apr 2018 22:54 WIB

Pesan Ridwan Kamil, Weekend Jangan Kerja Terus! Sempatkan Olahraga

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bagi Ridwan Kamil, nggak masalah olahraga cuma di weekend (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Kamu tim olahraga rutin tiap hari atau tim olahraga di akhir pekan? Beberapa orang berpikir keduanya sama saja, sama-sama yang penting olahraga.

Sama seperti calon gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil mengatakan bahwa olahraga yang hanya saat weekend juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

"Saya kira nggak ada masalah, yang penting jangan pernah hidup ini monoton, jangan pernah diokupasi kerja, dengan olahraga walau hanya di weekend," ujarnya kepada detikHealth saat menyambangi Markas detikcom di Jl Kapt Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (27/4/2018).

Setuju kah kamu dengan pernyataan Kang Emil?



Kesibukan di hari kerja memunculkan fenomena weekend warrior, yakni mereka yang hanya sempat olahraga di akhir pekan.Kesibukan di hari kerja memunculkan fenomena weekend warrior, yakni mereka yang hanya sempat olahraga di akhir pekan. Foto: Rachman Haryanto


Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta, dr Michael Triangto, SpKO, olahraga saat weekend saja kurang baik untuk metabolisme tubuh ketika lewat dari 2x 24 jam.

"Kalau gitu (olahraga saat weekend saja) ada up and down, inginnya kan stabil. Karena itu harus dimaintain, teratur, dan terbagi secara merata. Secara sedikit-sedikit terus dilakukan diharapkan tidak jadi drop," jelasnya melalui saluran telepon.

dr Michael menyarankan untuk berolahraga 3-5 kali seminggu dengan masing-masing durasi 30-50 menit. Ini seusia dengan rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO), yaitu berolahraga selama 150 per minggu.



"Olahraga itu harus berdasarkan FITT. Frekuensinya 3-5 kali, Intensitasnya sedang ke berat, Time-nya 30-50 menit, dan Type-nya atau tipenya bisa aerobik," tandasnya.

Dibanding tidak olahraga sama sekali, tentunya olahraga hanya saat weekend jauh lebih baik. Namun jika menginginkan hasil yang lebih maksimal, maka olahraga rutin selama 30 menit sehari sebanyak 5 hari dalam sepekan, akan lebih dianjurkan.

(wdw/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT