Minggu, 29 Apr 2018 14:05 WIB

Weekend Warrior

Kamu Pilih Olahraga Saat Weekday Atau Weekend, Wahai Karyawan?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: infografis Foto: infografis
Jakarta - Kebanyakan para weekend warrior yang bekerja di kota besar melakukan olahraga di akhir pekan karena sibuknya bekerja di hari-hari biasa. Bagi mereka lebih baik olahraga hanya di akhir pekan ketimbang tidak berolahraga sama sekali.

Jansen Ongko Msc, RD, Founder Fitness Embassy yang sekaligus ahli gizi dan olahraga, menyebutkan bahwa meski ia setuju dengan hal tersebut namun dengan berolahraga di akhir pekan saja tidak akan menjaga kesehatan.

"Agar tingkat kebugaran tetap terjaga maka olahraga wajib dilakukan secara teratur. Karena aktivitas fisik harus dilakukan secara regular dengan frekuensi lebih sering untuk mendapatkan manfaatnya," ungkapnya saat dihubungi oleh detikHealth, Jum'at (27/4/2018).


Berolahraga di akhir pekan bagi Akhdyan (25) seorang brand consultant asal Semarang yang bekerja di Jakarta selama hampir 4 tahun merupakan penghilang penat setelah bekerja di hari-hari biasa.

"Ini seperti hiburan tersendiri. Penatnya kerjaan bisa terlepas begitu aja, hehehe," kata pria yang kerap melakukan olahraga lari ini.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Shafira (26) yang bekerja di perusahaan katering online di Jakarta. Pekerjaan yang melelahkan membuatnya tak mampu untuk berolahraga malam hari setelah bekerja, maka ia memilih olahraga di akhir pekan.

"Aku biasanya freeletics dan lari, di Car Free Day (CFD). Aku biasa olahraga di rumah juga, walau cuma tujuh menitan. Mostly temen-temenku juga pada gitu (jadi weekend warrior) sih," jelasnya.

Di tengah ramainya fenomena weekend warrior ini, rupanya masih ada juga karyawan yang lebih menyukai olahraga di hari-hari biasa. Ivo (26) dulunya berolahraga di akhir pekan, namun ia merasa justru di akhir pekan malah terasa malas.


"Kalo weekdays kan sebelum kerja bisa lari, terus mandi di kantor, hahaha. Terus minum kopi, langsung on sampe siang," ujar karyawan IT asal Surabaya ini.

Baginya, olahraga di hari-hari biasa malah membuatnya semakin semangat kerja dan menyeimbangkan hormon tubuh. Akhir pekan ia gunakan untuk bersantai dan juga beristirahat.

Demi menjaga kesehatan tubuh, Ivo juga menyempatkan untuk tidur siang di kantor selama kurang lebih 30 menit.

Jadi, apakah kamu tim yang berolahraga di hari-hari biasa atau akhir pekan nih? Bagi pengalamanmu juga yuk di kolom komentar!

(Frieda Isyana Putri/ask)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya