Jumat, 04 Mei 2018 18:04 WIB

Bocah 'Tergemuk di Dunia' Sudah Bisa Main Bola, Ade Rai Bersyukur

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ariya Permana bocah berbobot 188 Kg (Tri Ispranoto/detikcom)
Jakarta - Pionir binaragawan Indonesia Ade Rai memang tak main-main dalam urusan mengeduksi masyarakat Indonesia akan pentingnya hidup sehat. Hal itu ia buktikan lewat mendampingi Ariya, bocah asal Karawang yang viral karena berat badannya yang nyaris 200 kilogram.

Kini, bocah yang menggemari sepak bola itu telah sukses menurunkan berat badannya hampir 90 kilogram lewat operasi dan tentunya merubah gaya hidup lebih sehat. Ade yang juga terlibat dalam prosesnya sebagai salah satu pendamping merasa sangat bersyukur.

"Bersyukur Ariya nggak kenapa-kenapa saat itu, pola hidupnya sudah diubah. Bersyukur Ariya semangat dan didukung juga sama orang tuanya yang mau dengerin saran dari orang lain. Bersyukur sekarang berat badannya sudah turun, kayaknya 109 kilogram ya," kata Ade kepada detikHealth di sela Press Conference Test of Will Under Armour di Senayan City, Jakarta Pusat, Jumat (4/5/2018).


Before-after AriyaBefore-after Ariya Foto: Dok. detikcom


Ariya Permana (12) pernah alami severe obesity dan sempat menyedot perhatian dunia. Salah satu media asing, DailyMail, bahkan menjulukinya sebagai World' Fattest Boy pada tanggal 25 Agustus 2016 lalu.

Perjuangannya menurunkan berat badan sangat menggetarkan hati, bahkan ia sampai tak bisa bersekolah. Sejumlah pihak seperti Ade turut membantunya, hingga kini bocah tersebut memangkas bobot nyaris 90 kilogram dan bisa bermain bola bersama teman-temannya.

[Gambas:Video 20detik]




(up/up)