Kamis, 24 Mei 2018 17:19 WIB

Mau Ngabuburit Sambil Olahraga? Panahan Saja, Seru Lho

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kelihatannya simpel, tapi memanah butuh koordinasi dan kekuatan otot yang baik (Foto: Widiya Wiyanti) Kelihatannya simpel, tapi memanah butuh koordinasi dan kekuatan otot yang baik (Foto: Widiya Wiyanti)
Topik Hangat Sehat Penuh Berkah
Jakarta - Semakin ke sini masyarakat semakin menyadari betapa pentingnya menjaga kebugaran tubuh, terutama pada saat bulan puasa seperti sekarang ini. Mereka pun menjadikan ngabuburit untuk ajang berolahraga.

Bingung mau olahraga apa? Coba deh olahraga panahan yang tak mengeluarkan keringat terlalu banyak namun memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Itu yang dirasakan Amalia (37) yang baru pertama kali menjajal olahraga panahan ini. "Fun, seru, gitu deh. Seru, seru, seru!," ujarnya kepada detikHealth.


Selain sehat, memanah juga fun lho!Selain sehat, memanah juga fun lho! Foto: Widiya Wiyanti


Sementara itu, beberapa anak-anak yang memang sudah rutin berlatih panahan pun mengaku sangat menikmati olahraga ini. Seperti Kholid yang masih duduk di bangku SMP.

"Awalnya pengen aja, eh lama-lama seru. Jadi terus-terusan deh," tuturnya.

Untuk pemula, nggak sulit kok untuk belajar.Untuk pemula, nggak sulit kok untuk belajar. Foto: Widiya Wiyanti


Meski kita tahu memanah adalah olahraga yang minim gerakan, namun hampir semua otot tubuh terlatih lho dengan gerakan memanah. Menurut founder Blue Feather Archery (BFA) yang ada di Bekasi, Arifin, otot-otot yang terlatih mulai dari otot kaki hingga otot punggung.

"Kalau otot-otot yang dipakai hampir semuanya sih, misal dari stand berdiri kita, kalau misal berdiri kita ada yang kayak gini belum bisa lurus. Otot scapula belakang juga, otot di belakang sini (bagian punggung dan leher)," jelasnya.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk coba ikut olahraga panahan. Lihat keseruannya di video berikut:

[Gambas:Video 20detik]



(wdw/up)
Topik Hangat Sehat Penuh Berkah
News Feed