Selasa, 06 Nov 2018 18:00 WIB

Stop! Ini Tandanya Kamu Olahraga Berlebihan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Olahraga itu sehat, tapi tetap ada ukurannya (Foto: thinkstock) Olahraga itu sehat, tapi tetap ada ukurannya (Foto: thinkstock)
Jakarta - Tren olahraga kini kian meningkat di kalangan masyarakat Indonesia, mulai dari lari hingga bersepeda. Namun, tidak jarang orang tidak mengetahui batasan mana olahraganya itu tidak berlebihan.

Ternyata, menurut spesialis kedokteran olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Angelica Anggunadi, SpKO, orang yang berolahraga berlebihan atau disebut over training memiliki tanda-tanda yang bisa dirasakannya.

"Mulai dari dia susah tidur, lalu dia juga rasanya tetap lelah terus. Harusnya orang olahraga itu lebih segar, lebih bugar, lebih fresh, ini engga. Yang ada dia capek mulu sepanjang hari rasanya," ujarnya kepada detikHealth saat ditemui di FKUI Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).



Selain itu, orang yang berlebihan olahraga ternyata bukan sehat yang didapat, justru daya tahan tubuhnya menurun. Sehingga lebih rentan untuk terkena infeksi atau peradangan.

"Jadi salah satu efek negatif ketika over training maka daya tahan tubuh akan menurun, maka dia akan meningkatkan risiko terkena infeksi, gampangnya menjadi flu, diare," lanjut dr Angelica.

Ketika orang berlebihan olahraga, jelas akan mendapatkan tujuan yang bertolak belakang dari tujuannya mendapatkan kesehatan dan kebugaran. Maka, ketika kamu mendapatkan adanya tanda-tanda tersebut, jangan ragu untuk menurunkan frekuensi, durasi, atau intensitas olahragamu.

(wdw/up)
News Feed