Jumat, 17 Mei 2019 03:58 WIB

Saran Dokter Agar Perut Tetap Sixpacks Saat Puasa

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Puasa bukan halangan untuk tetap olahraga (Foto: iStock) Puasa bukan halangan untuk tetap olahraga (Foto: iStock)
Jakarta - Puasa tentu bukan alasan tidak berolahraga. Apalagi buat yang lagi bentuk otot kayaknya sayang kalau tidak berlatih setiap hari untuk menjaga perut agar tetap sixpacks.

Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018, dr Grace Joselini, menuturkan bahwa saat berpuasa yang lebih dikejar adalah maintenance. Jadi lebih menjaga agar otot-otot tidak kendor saat sedang puasa.

"Ingin olahraga untuk memperbesar otot (saat puasa) itu salah. Tapi menjaga aja posisinya agar tidak lebih menurun dari situ," katanya saat ditemui detikHealth di daerah Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019).

dr Grace menambahkan kalau mau bangun otot lagi sebaiknya berolahraga sesudah buka puasa sekitar 2-3 jam setelah berbuka agar tubuh terisi dengan nutrisi terlebih dahulu.



"Jadi setelah buka itu waktu yang tepat untuk melatih otot-otot karena energi sudah dapat, setelah itu juga bisa isi lagi," tambahnya.

Disarankan untuk memilih olahraga yang intensitasnya ringan ke sedang. kalau melakukan olahraga yang intensitasnya tinggi, ditakutkan tubuh tidak kuat yang berujung pada dehidrasi.

"Kalau dekat-dekat buka masih nggak papa selama hidrasi sudah terpenuhi. Mau push up, calisthenics gitu masih boleh," pungkasnya.




Simak Juga 'Transfer Lemak, Cara Praktis Bikin Perut Sixpack':

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)