Jumat, 31 Mei 2019 02:37 WIB

Mudik ke Tegal, Pedagang Baso Ini Gowes 300-an Km dengan Sepeda Nyentrik

Rosmha Widiyani - detikHealth
Mudik kali ini Umar akan menempuh jarak 300-an Km menuju Tegal (Foto: Rosmha/detikHealth) Mudik kali ini Umar akan menempuh jarak 300-an Km menuju Tegal (Foto: Rosmha/detikHealth)
Jakarta - Gowes Mudik 2019 bersama Komunitas Bike To Work (B2W) menghadirkan seorang peserta bernama Umar Hasan yang kini berusia 24 tahun. Umar yang akan bersepeda menuju Kabupaten Tegal, Jawa Tengan akan menempuh jarak kurang lebih 300 kilometer mulai dari Jakarta.

Sehari-hari Umar berdagang bakso yang di warung milik orangtuanya yang terletak di Setiabudi, Jakarta. Umar tak ragu memasang stiker Bakso Pak Kabul di plat sepedanya. Stiker berbentuk mangkuk yang berisi hidangan serupa mie dan bakso lengkap dengan alat makan tersebut berada di pojok kiri bawah.

"Sehari-hari saya memang dagang bakso. Nanti yang lain bisa lihat juga di stiker sepeda dan tahu ada warung Bakso Pak Kabul. Setiap hari saya harus bagi waktu supaya bisa tetap bersepeda sambil dagang," kata Umar pada detikHealth.


Tak lupa ia sekalian mempromosikan warung basonya.Tak lupa ia sekalian mempromosikan warung basonya. Foto: Rosmha/detikHealth



Umar mengatakan, dirinya sudah suka bersepeda sejak masih SMP dengan menempuh jarak rumah- sekolah. Hobi berlanjut hingga dewasa dengan bersepeda 1 kali seminggu dalam car free day. Kegiatan tersebut mempertemukan Umar dengan komunitas B2W yang kegiatannya ditekuni hingga sekarang.

Sepeda yang dipilih Umar menemaninya hingga Kabupaten Tegal adalah jenis lowrider dengan tipe lagoon. Umar yang merupakan anggota komunitas Sweet Iron Lowrider di Jakarta merakit sendiri sepedanya mulai Januari 2019. Modifikasi dan perakitan selesai pada Mei bertepatan dengan pelaksanaan Gowes Mudik.

Menurut Umar, beberapa sparepat menggunakan barang yang tidak baru namun masih berkualitas sehingga total dana yang diperlukan bisa terpenuhi yaitu Rp 2,5 juta. Sepeda lowrider milik Umar menggunakan sparepart yang ada di sepeda lipat, MTB (Mountain Bike), dan flexi.

Perjalanan kali ini perlu waktu 3-4 hari yang sudah termasuk waktu istirahat di pos yang tersebar di jalur mudik. Sama seperti tahun sebelumnya, Umar yakin bisa menempuh perjalanan dengan baik dan selamat sampai kampung halaman.

(up/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya