Rabu, 10 Jul 2019 16:11 WIB

Pernah Pakai Tisu Magic untuk Atasi Cedera? Dokter Ingatkan Risikonya

Kintan Nabila - detikHealth
Tisu magic rupanya bukan cuma untuk bercinta, ada juga yang memakainya saat olahraga (Foto: Rosmha/detikHealth) Tisu magic rupanya bukan cuma untuk bercinta, ada juga yang memakainya saat olahraga (Foto: Rosmha/detikHealth)
Jakarta - Tisu antiseptik atau tisu magic bukan hanya dipakai oleh pria dewasa saat bercinta. Ada juga yang memanfaatkan sensasi kebasnya untuk mengatasi cedera ketika berolahraga. Beberapa mengatakan penggunaan tisu magic ketika cedera secara ajaib mengurangi rasa sakitnya. Lalu bagaimana tanggapan dokter?

"Tisu magic bisa meredakan cedera? Enggak. Mendingan beli es batu," kata praktisi kesehatan olahraga, dr Sophia Benedicta Hage, SpKO, saat dijumpai detikHealth, Rabu (10/7/2019).

Memang sih kata dr Sophia, tisu magic ada efek kebalnya sehingga kerap kali digunakan saat cedera ketika berolahraga namun hanya sementara dan tidak mengurangi bengkaknya.



"Yang berbahaya adalah ketika cedera namun kita tidak mengurangi bengkaknya," tambahnya.

Pertolongan pertama pada cedera olahraga adalah memberikan terapi dingin, bisa dengan memberikan spray dingin atau kompres dengan es untuk mengurangi gejala pada bagian yang cedera.

"Kalau cedera olahraga, kasih terapi yang dingin makanya harus kompres es. Kalau spray saja tidak ada penekanan pada bengkak makanya diberikan kompres es," pungkasnya.



Simak Video "Kapan Waktu Yang Tepat Lakukan Olahraga Saat Puasa?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
News Feed