Kamis, 08 Agu 2019 07:06 WIB

Polusi Udara Bikin Takut Olahraga, Ini Saran Dokter Paru

Kintan Nabila - detikHealth
Polusi bukan alasan untuk tidak olahraga (Foto: iStock) Polusi bukan alasan untuk tidak olahraga (Foto: iStock)
Jakarta - Tujuan utama berolahraga tentunya untuk menjaga kesehatan. Namun, apa jadinya jika olahraga dilakukan saat kualitas udara buruk? Bukannya sehat yang kita dapatkan, melainkan penyakit yang berkaitan dengan gangguan fungsi paru.

Praktisi kesehatan paru, dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), dari PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia) menyarankan untuk menghindari aktivitas berlebihan pada saat kualitas udara tidak baik.

"Olahraga ketika kualitas udara sedang buruk akan meningkatkan jumlah polutan yang masuk ke dalam tubuh," katanya pada saat temu media di Kantor PDPI Cipinang, Jakarta Timur.



Namun, bukan berarti kita menghindari olahraga karena takut polusi. Ada banyak cara untuk berolahraga, berikut strategi dari dokter Agus.

Pertama, cobalah olahraga indoor. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Sementara untuk olahraga outdoor, pastikan untuk mengecek Air Quality Indeks (AQI) terlebih dahulu.

"Kalau tetap mau olahraga outdoor, lakukan ketika kualitas udara sedang baik, misalnya akhir pekan," katanya.

Lakukan olahraga saat kualitas udara bagus. Pilihlah tempat-tempat yang jumlah polutannya sedikit. Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan masker dengan kemampuan filtrasi yang baik.

"Jadi tetap harus dilakukan olahraga, tapi lakukan dengan strategi untuk mengurangi dampak polusinya," pungkasnya.



Simak Video "Cara Natasha Rizky Lindungi Keluarga dari Polusi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)