Senin, 14 Okt 2019 07:00 WIB

Jalur Sepeda Lama Banyak Terbengkalai, Ini Tanggapan Dishub DKI

Michelle Natasya - detikHealth
kondisi jalur sepeda di BKT atau KBT. (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth) kondisi jalur sepeda di BKT atau KBT. (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)
Topik Hangat Jakarta Ramah Pesepeda
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta kembali meluncurkan jalur sepeda baru fase 2 yang tersambung dengan jalur sepeda baru fase 1 pada Sabtu (12/10/2019). Beberapa rute yang dilalui yaitu Jl Fatmawati, Panglima Polim, hingga Sudirman di Jakarta Selatan.

Jalur sepeda di Jakarta sebenarnya sudah ada sejak dulu. Seperti di Kanal Banjir Timur (KBT) sepanjang 23 kilometer dan Melawai sepanjang 2 kilometer. Namun, banyak jalur sepeda ini yang akhirnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan bahwa ketidakberfungsian jalur sepeda sebelumnya diakibatkan tidak adanya integrasi antar jalur.

"Dulu sempat ada pembangunan jalur sepeda tetapi tidak dilakukan secara terintegrasi dalam satu kesatuan rute. Nah, sekarang dilakukan sesuatu yang baru. Kalau sekarang jalur sepeda 3 fase ini terintegrasi dalam satu jaringan kesatuan," terang Syafrin saat ditemui detikcom, Sabtu (12/10/2019).


Syafrin mengatakan, jalur sepeda yang dulu belum ada yang difungsikan kembali saat ini. Namun, pihaknya berencana untuk mengintegrasikan jalur sepeda lama dan baru setelah 3 fase jalur sepeda baru rampung.

"Contoh yang BKT itu kita akan integrasikan dengan fase 3 yang menyentuh Matraman dan Jatinegara. Sehingga, dari BKT akan diarahkan sedikit ke Kampung Melayu dia akan menjadi satu kesatuan. Begitu juga yang di Melawai sehingga ini jadi satu kesatuan," katanya.

Syafrin mengaku akan mengkaji kembali jalur sepeda yang dulu dengan membuat rekayasa untuk menghidupkan kembali jalur tersebut. Sehingga, fungsi jalur kembali pada tujuan awalnya untuk pengguna sepeda.

Gubernur DKI Jakarta tahun ini membuat program untuk membangun jalur sepeda baru sepanjang 63 kilometer yang dibagi menjadi 3 fase. Seperti diketahui, jalur sepeda fase 1 juga telah diresmikan dengan rute yang dimulai dari Jl Pemuda Jakarta Timur, hingga MH Thamrin dan Jl Medan Merdeka Selatan di Jakarta Pusat.



Jalur Sepeda Lama Banyak Terbengkalai, Ini Tanggapan Dishub DKI


Simak Video "Lelah Dengan Tekanan Sosial? Jangan Malu Curhat ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Jakarta Ramah Pesepeda