Kamis, 19 Des 2019 09:01 WIB

Gerakan 'Kobra' Menyimpan Beragam Manfaat Tersembunyi, Apa Saja?

Nafilah Sri Sagita - detikHealth
Beragam manfaat dari yoga kobra. (Foto ilustrasi: iStock) Beragam manfaat dari yoga kobra. (Foto ilustrasi: iStock)
Topik Hangat Kobra untuk Perut Rata
Jakarta - Cobra pose atau pose yoga seperti ular kobra ini disebut juga sebagai "Bhujangasana". Pose yoga serbaguna yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Nama Bhujangasana berasal dari kata Sansekerta 'bhujanga', yang berarti ular atau ular dan 'asana' atau postur tubuh. Postur punggung ini dinamai demikian karena posturnya mencerminkan seperti seekor kobra dengan kepala yang sedang diangkat.

Pose yoga seperti ular kobra ini memiliki beragam manfaat kesehatan diantaranya, meredakan stres, kelelahan, menyegarkan hati, mengurangi kekakuan punggung bagian bawah, memperkuat bahu dan lengan, membantu meningkatkan suasana hati, dan juga memperbaiki pencernaan.

Mengutip medicaldaily, bagi wanita pose yoga kobra ini juga dipercaya bisa membantu ketidakteraturan menstruasi. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa 'bhujangasana' sangat populer di kalangan penggemar kebugaran.
Selain itu, manfaat lain dari pose yoga kobra adalah membantu meningkatkan sirkulasi darah, sebagai kunci untuk tetap berenergi dan aktif. Pose ini juga sangat membantu dalam mengobati gejala stres seperti sakit kepala, kelelahan, dan kelemahan. Ketika terbiasa berlatih yoga kobra, pikiran pun akan terbebas dari kecemasan.

Bahkan, pose yoga kobra dapat memperkuat tulang belakang. Tetapi jika memiliki sakit punggung kronis, maka yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter sehingga tidak ada kemungkinan kontraindikasi.


Simak Video "Aqua Yoga, Pilihan Olahraga untuk Atasi Masalah Sendi Otot"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Kobra untuk Perut Rata