Rabu, 18 Des 2019 05:50 WIB

Round Up

Kenalkan 'Kobra' Ini Nggak Berbisa, Malah Bisa untuk Mengecilkan Perut

Firdaus Anwar - detikHealth
Kobra yang satu ini tidak berbisa malah bisa mengecilkan perut (Foto: iStock)
Topik Hangat Kobra untuk Perut Rata
Jakarta - Sedang ramai penemuan ular kobra di beberapa daerah, membuat beberapa orang khawatir. Nah daripada stres memikirkannya, lebih baik kenalan yuk sama 'kobra' lain yang enggak berbahaya malah bisa menyehatkan.

Kobra yang dimaksud di sini adalah pose yoga yang biasa dipakai untuk melatih otot inti, membakar lemak di perut. Dikutip dari Verywell Fit, pose yoga kobra bisa dilakukan oleh pemula sampai yang ahli.

Pose yoga kobra atau Bhujangasana disebut bermanfaat mengurangi kekakuan punggung, memperkuat otot perut, otot lengan, dan otot bahu hingga mengurangi stres. Hanya saja perlu diketahui posisi kobra mungkin tidak cocok dilakukan oleh orang-orang dengan cedera punggung, tangan, bahu, sindrom carpal tunnel, pasien operasi di area perut, dan ibu hamil.

Bagi yang penasaran, begini cara menerapkan pose yoga kobra:



1. Berbaring tengkurap di lantai

Lakukan pose ini dengan berbaring telungkup di atas lantai. Renggangkan kaki ke arah belakang, kemudian pijakkan di lantai. Letakkan telapak tangan di atas lantai tepat di bawah bahu, lalu tekuk siku mengarah kembali ke tubuh.

2. Tekan bagian kaki ke lantai

Langkah selanjutnya, kamu bisa tekan bagian kaki seperti paha dan pubis dengan kuat ke arah lantai. Tekan secara perlahan, jangan dipaksakan. Karena nanti akan membuat bagian tersebut kaku bahkan kram.

Cobra pose sangat efektif untuk memperbaiki postur tubuh.Cobra pose sangat efektif untuk memperbaiki postur tubuh. Foto: iStock


3. Tarik napas sambil mengangkat dada

Tarik napas sambil mengangkat dada secara perlahan sampai batas yang kamu bisa. Tahan pada posisi itu dan tetap pastikan posisi kaki tidak berubah. Tekan tulang ekor ke arah depan dan tekuk ke arah pusar.

4. Arahkan dada ke depan

Saat menarik napas dan mengangkat dada dari lantai, pastikan tulang rusuk mengarah ke depan. Tapi ingat, jangan terlalu mendorong tulang rusuk terlalu depan hingga membuat punggung bagian bawah kaku.

5. Tahan posisi selama 15-30 detik

Setelah melakukan urutan dengan tepat, tahan pada posisi tersebut selama 15-30 detik. Lakukan sambil mengatur napas secara perlahan, lalu kembali ke posisi tengkurap lagi sambil membuang nafas perlahan.



Simak Video "Resep dan Cara Meracik Jamu Kunyit Asam"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
Topik Hangat Kobra untuk Perut Rata