Minggu, 08 Mar 2020 13:44 WIB

Two, Three, Cha Cha Cha! Cara Asyik Olahraga Sambil Berdansa

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Mengenal Dansa, Olahraga yang Ngehits Gara-gara Virus Corona Mengenal Dansa, Olahraga yang Ngehits Gara-gara Virus Corona (Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth)
Topik Hangat Dansa untuk Olahraga
Jakarta -

Dansa bukan cuma untuk hiburan lho, beberapa jenis dansa bahkan termasuk olahraga yang dikompetisikan. Salah satunya adalah cha cha cha, jenis dansa dari Amerika Latin yang gerakannya sangat energetik.

Ditemui detikcom di sela-sela sesi latihan atlet olahraga dansa di kawasan Jakarta Selatan, Titanno Bayuseto Dahono, salah seorang atlet dansa yang tergabung dalam Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI), menjelaskan cha cha cha punya gerakan energetik dan cepat. Dansa cha cha cha ini juga harus dibawakan oleh dua orang sebagai pasangan.

Cha cha cha dilakukan secara berpasangan.Cha cha cha dilakukan secara berpasangan. Foto: Ari Saputra/detikHealth

Saat latihan dimulai, pria yang akrab disapa Titan dan pasangannya Ratu menarikan dansa cha cha cha seperti sedang bermain kejar-kejaran sambil menari dengan koreografi yang begitu sulit dan cepat. Gerakan yang sulit untuk langsung dipahami orang awam, butuh berulang kali latihan untuk bisa menghapal setiap gerakannya.

Gerakan cha cha cha yang dipertandingkan secara International ini punya gerakan khusus yang sudah ditentukan standardnya. Temponya pun lebih cepat dengan cha cha cha aslinya. Meski begitu dansa ini identik dengan gerakan pinggul ke kanan dan ke kiri.

Koreografinya tampak rumit bagi orang awam.Koreografinya tampak rumit bagi orang awam. Foto: Ari Saputra/detikHealth

Dansa cha cha cha bisa memakai beragam jenis lagu. Namun yang membedakan dengan dansa lainnya adalah hitungan yang dimainkan saat dansa ini tak pernah berbeda.

"Walaupun ada banyak jenis variasi lagu, namun hitungan cha-cha-cha selalu sama yaitu 'two, three, four, and one' atau two, 'three, Cha-cha-cha!'. Itu kenapa disebut cha-cha-cha," jelas Titan yang ikut memperkuat Timnas Dancesport Indonesia untuk Sea Games 2019 yang lalu.

Cha cha cha ini jadi salah satu dari 5 dansa latin yang wajib dihapal saat dipertandingkan secara International.

"Kita dituntut untuk hapal 5 dansa ini, kalau di Latin American ada Cha Cha Cha, Samba, Rumba, Paso Doble, sama Jive. Saat pertandingan kita dansa nonstop selama 1 menit 40 detik di masing-masing tarian," ungkapnya saat ditemui di Jalan Gedung Raya Hijau, Jakarta Selatan, Sabtu (7/3/2020).

Gerakan yang energetik membuat tubuh cepat berkeringat.Gerakan yang energetik membuat tubuh cepat berkeringat. Foto: Ari Saputra/detikHealth


Simak Video "Respons Anggota IODI Soal Dansa Disorot Gegara Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
Topik Hangat Dansa untuk Olahraga