Senin, 09 Mar 2020 05:30 WIB

Mengenal Dansa dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Mengenal Dansa, Olahraga yang Ngehits Gara-gara Virus Corona Dansa juga termasuk cabang olahraga yang dipertandingkan (Foto: Ari Saputra/detikHealth)
Topik Hangat Dansa untuk Olahraga
Jakarta -

Dari 6 pasien virus corona COVID-19 di Indonesia, 5 punya keterkaitan dengan sebuah acara dansa. Bicara soal dansa, ternyata jenisnya ada macam-macam dan sebagian di antaranya bahkan termasuk cabang olahraga yang dikompetisikan.

Sebagai olahraga, dansa dinaungi oleh Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI). Dansa yang dikompetisikan antara lain adalah Latin Dance, meliputi cha cha, samba, rumba, paso doble, dan jive.

Salah seorang atlet dansa yang memperkuat Timnas Dance Sport Indonesia di ajang SEA Games 2019 lalu, Titanno Bayuseto Dahono, menjelaskan bahwa dansa sebenarnya sama seperti olahraga bela diri yang juga memadukan seni dan olahraga.

Dalam olahraga dansa, seorang atlet membutuhkan partnering skill bersama pasangan dansanya. Mereka juga dituntut untuk menjaga kecepatan, postur, dan timing yang presisi. Karenanya, kebugaran fisik dan mental harus selalu terjaga.

Kategori dansa lain yang juga populer menurut Titan adalah social dance. Walau lebih bersifat hiburan, social dance juga banyak dilakukan oleh dancer-dancer profesional.

"Mereka pun yang ikut social dance itu pun isinya guru-guru yang berkualitas, yang sudah ngajar secara internasional, yang sudah punya prestasi di luar negeri," jelas Titan.

[Gambas:Video 20detik]




(naf/up)
Topik Hangat Dansa untuk Olahraga