Minggu, 08 Mar 2020 16:09 WIB

Ingin Menekuni Dansa sebagai Olahraga? Ini Saran Atlet SEA Games

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Mengenal Dansa, Olahraga yang Ngehits Gara-gara Virus Corona Dansa olahraga bukan cuma soal joget-joget, tapi butuh komitmen berlatih bila ingin berprestasi dan mendapatkan manfaat sehatnya. (Foto: Ari Saputra/detikHealth)
Topik Hangat Dansa untuk Olahraga
Jakarta -

Dansa bukan hanya soal joget-joget, apalagi untuk jenis-jenis dansa yang dikategorikan dance sport. Butuh komitmen tinggi bagi yang ingin menekuninya agar memberikan manfaat sehat bagi tubuh.

Titanno Bayuseto Dahono, seorang atlet dansa yang tergabung dalam Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI), membagikan tips untuk kamu yang ingin serius menekuni dance sport atau olahraga dansa. Ada beberapa faktor yang menjadi pendukung, salah satunya dedikasi.

"Tipsnya buat yang pengen serius jadi atlet itu adalah pertama dedikasi itu pasti banget, karena kita harus latihan itu minimal sehari sekali wajib. Yang kedua karena ini jatuhnya adalah pertandingan, kita butuh yang namanya sehat secara fisik sehat jasmani maupun rohani," jelasnya saat ditemui detikcom di Jalan Gedung Hijau Raya, Sabtu (7/3/2020).

Tak perlu khawatir jika ingin benar-benar menekuni olahraga dansa, semua hal bisa dipelajari. Menurut pria yang pernah memperkuat Timnas Dancesport Indonesia di Sea Games 2019 ini, sabar juga jadi kunci kalau ingin berhasil di bidang ini.

Mengingat olahraga dansa adalah perpaduan seni dan olahraga, tentu seseorang yang sudah memiliki bakat dan berlatih sejak kecil bisa berkembang lebih cepat. Ditambah lagi, sangat mungkin untuk bisa mewakili Indonesia dalam ajang-ajang pertandingan internasional cabang olahraga dansa.

"Itu pun bisa dilatih sebenarnya jadi nggak usah takut, terus kita harus belajar yang namanya sabar karena buat dansa ini kita adalah bidang seni, jadi nggak cepet, kecuali kalau memang yang sudah punya talent dari kecil kita latih sampai dewasa mereka harus berdansa terus ditingkatkan skillnya dan bisa buat diprospek untuk dijadikan atlet-atlet muda," ungkapnya.



Simak Video "Respons Anggota IODI Soal Dansa Disorot Gegara Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
Topik Hangat Dansa untuk Olahraga