Rabu, 24 Jun 2020 06:40 WIB

Dear Rombongan Pesepeda, Ini Pesan Ganjar Soal Berbagi Jalan Saat Gowes

Angling Adhitya Purbaya - detikHealth
Jalur khusus sepeda terlihat di kawasan Bundaran HI. Jalur itu dibuat untuk warga yang bersepeda di kawasan yang kembali adakan car free day (CFD) tersebut. Rombongan pesepeda di CFD (Foto: Agung Pambudhy)
Topik Hangat Mendadak Gowes
Semarang -

Demam gowes sedang melanda, rombongan pesepeda mudah sekali ditemukan di mana-mana. Tak jarang, pegowes pemula kurang bisa menjaga perilaku saat sedang berada dalam rombongan sehingga tanpa sadar memenuhi jalan.

Soal ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan pesan khusus. Menurutnya, penting untuk diingat agar tidak menyerobot hak pengguna jalan lainnya.

"Ketika itu baris, satu-satu kecuali memang CFD. Tapi tolong di jalan umum pengguna jalan umum diberi kesempatan," tegasnya.

Selain itu Ganjar juga berpesan kepada Bupati Wali Kota terkait maraknya pesepeda yaitu saat ini merupakan momentum pemerintah daerah untuk membuat jalur khusus sepeda.

"Bupati Wali Kota ini kesempatan untuk membuat jalur sepeda, ini momentum," katanya.

Selain itu, Ganjar juga mengingatkan soal penggunaan masker. Menurutnya, tidak masalah sedikit menurunkan masker saat bersepeda agar tidak menghirup karbondioksida (CO2). Tapi saat berhenti, masker harus dipakai lagi.

"Kalau kita lari, olahraga, ditutup, kita ini menghirup kembali CO2, kalau gini (hidung terihat), udara O2. Maka kalau sepedaan gini, lho, kalau pas sendiri, napas jadi bagus. Kalau pas istirahat, banyak orang dipakai lagi," pesannya.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Mendadak Gowes