Rabu, 01 Jul 2020 09:21 WIB

Apa Itu Pajak Sepeda? Di 6 Negara Ini, Pesepeda Malah Dapat Insentif

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pesepeda Pajak sepeda tidak berlaku di negara-negara ini. (Foto ilustrasi: Getty Images)

4. Filipina

Salah satu pejabat di Filipina, Ronnie Ong, mendesak agar negara tersebut mulai mencontoh negara-negara Eropa untuk mulai memberikan insentif bagi orang yang bersepeda ke tempat kerja.

Rencana pemberian insentif ini termasuk tunjangan pajak atau kupon makanan bagi orang yang menggunakan sepeda sebagai moda transportasi alih-alih kendaraan umum. Usulan ini disebut akan dimasukkan dalam UU Sepeda.

5. Belgia

Sudah lebih dari 400 ribu warga Belgia yang menerima kompensasi karena menggunakan sepeda untuk bekerja. Secara total, lebih dari 93 juta euro atau sekitar Rp 1,5 miliar dibayarkan.

Belgia juga memiliki rezim pajak yang menguntungkan dalam hal bersepeda. Karyawan yang bersepeda ke tempat kerja dapat diberi kompensasi hingga 0,24 euro atau sekitar Rp 3.246 per kilometer. Beberapa perusahaan juga menyediakan sepeda bagi karyawannya.

6. Selandia Baru

Sebuah perusahaan di Christchurch, wilayah bagian Selandia Baru, menawarkan kompensasi bagi karyawannya yang bersepeda untuk mengurangi ketergantungan pada mobil. Karyawan yang bersepeda dari dan ke tempat kerja akan menerima US$ 5 atau sekitar Rp 72 ribu setiap hari dan jika berlangsung selama setahun jumlah itu akan berlipat menjadi USD10 atau Rp 145 ribu dan dibayarkan sebagai bonus akhir tahun.

Menteri transportasi Selandia Baru Julie Anne Genter mengatakan negara tersebut juga akan menggelontorkan dana sebesar USD 150 atau Rp 2 miliar juta untuk jalur sepeda.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(kna/up)