Sabtu, 11 Jul 2020 10:03 WIB

Tempat Kamu Ngegym Belum Punya Kelengkapan Ini? Berarti Belum New Normal

Elsa Himawan - detikHealth
Gym di California Ngegym di era new normal. (Foto: Frederic J. Brown/ AFP via Getty Images)
Jakarta -

Semua aspek kehidupan telah diatur dengan protokol kesehatan untuk mengupayakan aktivitas tetap berjalan tanpa adanya penularan virus Corona COVID-19. Aturan ini juga berlaku bagi pusat kebugaran dengan tujuan melindungi pengunjung dari wabah Corona saat melakukan aktivitas olahraga.

Penerapan protokol kesehatan pada pusat kebugaran memang menambah banyak properti yang harus disediakan para pemilik tempat gym. Bagaimana cara mengetahui gym kita sudah sesuai protokol new normal?

Pastikan saja tempat kamu ngegym punya kelengkapan sebagai berikut:

1. Alur masuk dan keluar

Seluruh pusat kebugaran harus memiliki alur masuk dan keluar yang jelas. Hal ini diupayakan untuk mengantisipasi pengunjung agar tidak berpapasan atau saling terjadi kontak fisik.

2. Alat ukur suhu tubuh

Pada umumnya, seluruh tempat sudah menggunakan alat suhu tubuh sebagai patokan seseorang untuk diperbolehkan masuk. Kamu harus memastikan bahwa tempat gym yang kamu kunjungi, mentargetkan maksimal suhu 37,3 derajat Celcius sebagai patokan seseorang dapat melakukan olahraga.

3. Sekat pembatas

Protokol kesehatan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI menganjurkan agar sekat juga dipasang di pusat kebugaran. Sekat dibutuhkan pada alat-alat khusus yang letaknya berdekatan dan tidak memungkinkan ada jarak, seperti treadmill, bicycle, elliptical, dan machine.

4. Sarana cuci tangan

Setiap tempat gym harus memiliki sarana cuci tangan dengan menggunakan sabun dan hand sanitizer. Kelengkapan ini adalah properti mendasar yang wajib dimiliki setiap tempat dalam upaya memerangi virus Corona COVID-19.

5. Sirkulasi udara terbuka

Protokol kesehatan pada pusat kebugaran juga mewajibkan untuk setiap tempat gym mengurangi bahkan menghindari pemakaian AC. Kemenkes RI menganjurkan sirkulasi udara terbuka lebih disarankan ketimbang menggunakan alat pendingin ruangan, seperti AC.

Selain itu, kamu juga dapat memastikan bahwa seluruh karyawan di pusat kebugaran menggunakan properti yang lengkap, seperti masker dan face shield. Jangan lupa untuk memastikan juga alat olahraga yang kamu gunakan, sudah dibersihkan dengan cairan disinfektan.



Simak Video "Protokol yang Harus Diperhatikan saat Nge-gym di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)