Selasa, 21 Jul 2020 06:59 WIB

5 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari, Bisa Cegah Sakit Jantung!

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
young fitness woman runner /hiker legs at forest trail Jalan kaki di pagi hari banyak manfaatnya (Foto: iStock)
Jakarta -

Jalan kaki adalah olahraga yang paling simpel, bisa dilakukan di mana saja tanpa butuh peralatan mahal. Meski begitu, manfaatnya luar biasa banyaknya.

Kelebihan lain berjalan kaki adalah bisa dilakukan sembari melakukan aktivitas lain. Misalnya untuk mobilitas dari tempat parkir menuju tempat kerja, atau menuju tempat makan siang.

Aktivitas sesimpel ini jika dilakukan secara rutin bisa memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan energi

Memulai hari dengan berjalan kaki dapat memberikan lebih banyak energi sepanjang hari. Sebuah studi yang dikutip dari Healthline menujukkan bahwa orang dewasa berjalan selama 20 menit di luar ruangan mendapatkan lebih banyak energi daripada yang berjalan dengan waktu yang sama di dalam ruangan. Selain itu, menaiki tangga selama 10 menit memberikan energi untuk menghilangkan ngatuk daripada meminum kopi.

2. Memperbaiki suasana hati

Manfaat fisiologis dari berjalan kaki di pagi hari adalah meningkatkan mood, mengurangi stress, mengurangi kecemasan, dan mengurangi gejala depresi. Untuk hasil yang lebih efektif, disarankan untuk berjalan kai selama 20-30 menit setidaknya 5 hari dalam seminggu.

3. Menurunkan berat badan

Berjalan di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan. Berjalan dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori dengan disertai dengan diet sehat dan olahraga lainnya.

4. Mencegah serangan jantung

Sumber riset dikutip dari Healthline menunjukkan bahwa berjalan selama 30 menit/hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 19 persen. Jika Anda hidup dengan diabetes, berjalan juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. bahkan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

5. Tidur lebih nyenyak di malam hari

Berjalan hal pertama dapat membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Sebuah studi 2017, dikutip dari Healthline mengamati orang dewasa berusia 55 hingga 65 yang mengalami kesulitan tidur di malam hari atau hidup dengan insomnia ringan. Mereka yang berolahraga di pagi hari mengalami kualitas tidur yang lebih baik di malam hari.



Simak Video "Cedera Saat Olahraga? Begini Cara Tepat Menanganinya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)