Rabu, 22 Jul 2020 07:25 WIB

Sehabis Sarapan, Tunggu 'Turun' Dulu atau Boleh Langsung Olahraga?

Elsa Himawan - detikHealth
Tired female runner walking.She is exhausted of running. Olahraga sehabis sarapan (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Sehabis sarapan, kebanyakan orang akan menunggu nasinya 'turun' dulu baru kemudian melakukan aktivitas fisik. Memang sih, beraktivitas dengan perut penuh rasanya tidak nyaman.

Tapi hal itu umumnya berlaku jika sarapannya terlalu berat dan aktivitas yang dilakukan juga terlalu intens. Jika sarapan secukupnya dan olahraganya cukup ringan seperti jalan kaki, rasanya tidak masalah.

Bahkan, beberapa pakar menyebut olahrag ringan sehabis sarapan malah memberikan manfaat. Apa saja?

Berikut di antaranya, dirangkum dari Heathline:

1. Meningkatkan pencernaan

Manfaat potensial yang paling utama adalah meningkatkan pencernaan. Gerakan tubuh dapat membantu sistem pencernaan mendorong stimulasi kerja lambung dan usus, sehingga makanan yang masuk ke dalam perut dapat dicerna lebih cepat.

2. Membantu mengontrol kadar gula darah

Berjalan setelah makan dapat mencegah lonjakan gula darah yang berlebihan, sehingga dapat mengurangi jumlah insulin atau obat oral yang diperlukan. Hal ini cukup baik untuk para pengidap diabetes tipe 2.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah studi menunjukan bahwa olahraga ringan yang dilakukan sepanjang hari (salah satunya berjalan) lebih unggul dalam mencegah risiko penyakit jantung, ketimbang melakukan olahraga berat dalam satu waktu sekaligus.

Dalam hal ini, kamu bisa berjalan kaki selama lima hingga sepuluh menit setelah makan.

4. Menurunkan berat badan

Seperti yang banyak diketahui, bahwa melakukan olahraga sangat berpotensi untuk menurunkan berat badan. Hal ini juga berlaku untuk olahraga ringan, seperti berjalan. Berjalan setelah makan dapat membakar kalori, sehingga berefek pada menurunkan berat badan.

5. Mengatur tekanan darah

Beberapa studi mengatakan bahwa berjalan sebanyak tiga kali (satu kali = 10 menit) dalam sehari dapat berdampak bagi penurunan darah.
Dari data tersebut, kamu dapat mencoba berjalan selesai makan, guna membantu tubuhmu untuk mengatur tekanan darah.



Simak Video "Cedera Saat Olahraga? Begini Cara Tepat Menanganinya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)