Selasa, 25 Agu 2020 15:04 WIB

Punya Fisik Bugar, Usain Bolt dan Sederet Olahragawan Ini Kena COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
2016 Rio Olympics - Athletics - Final - Mens 100m Final - Olympic Stadium - Rio de Janeiro, Brazil - 14/08/2016. Usain Bolt (JAM) of Jamaica poses after winning the gold.  REUTERS/Lucy Nicholson TPX IMAGES OF THE DAY. FOR EDITORIAL USE ONLY. NOT FOR SALE FOR MARKETING OR ADVERTISING CAMPAIGNS. Usain Bolt (Foto: REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta -

Sejumlah atlet dunia diketahui terinfeksi virus Corona. Ini menyiratkan bahwa tak ada yang kebal dari penyakit menular tersebut, meski mereka terlihat sehat dan bugar.

Ada beberapa alasan mengapa atlet juga bisa kena virus Corona. Praktisi kesehatan olahraga dari Slim and Health Sport Therapy, dr Michael Triangto, SpKO. mengatakan olahragawan tak selalu memiliki imunitas tinggi karena tujuan mereka tidak selalu untuk kesehatan. Mereka juga dibebani target untuk berprestasi

"Kalau tujuannya untuk prestasi, mereka (atlet) latihan capek-capek, berkeringat, lapar, sakit badannya. Gimana bisa sehat kalo badannya sakit? Bahkan kalau tidak pandai mengatur intensitas latihannya malah bisa mengganggu kesehatan, jadi imunitasnya malah turun, malah gampang terkena corona," ujar dr Michael kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Di berbagai belahan dunia, banyak atlet yang terkena virus Corona diprediksi karena mereka melakukan kontak dengan atlet lain yang sudah dinyatakan positif COVID-19 sebelumnya.

Berikut berbagai atlet ternama yang kena virus Corona.

1. Usain Bolt

Manusia tercepat di dunia Usain Bolt diketahui positif virus Corona beberapa hari setelah mengadakan pesta ulang tahun di kediamannya. Saat ini Bolt mengatakan dirinya tak mengalami gejala COVID-19 yang parah dan tengah menjalani karantina mandiri untuk memulihkan kesehatannya.

2. Paulo Dybala

Pemain Juventus Paulo Dybala terinfeksi virus Corona pada 22 April lalu. Sebelumnya bek Daniele Rugani dan gelandang Blaise Matuidi sudah lebih dulu terpapar virus corona.

Setelah menjalani karantina mandiri dan pengobatan COVID-19, Paulo Dybala dinyatakan negatif Corona pada 7 Mei.

3. Rudy Gobert

Pemain Utah Jazz Rudy dinyatakan positif virus corona pada 11 Maret. Karena hal tersebut, kompetisi bola basket NBA sempat disetop untuk sementara.

Gobert menjadi pemain NBA pertama yang positif Corona. Selang 18 hari setelahnya, Gobert dinyatakan sembuh dari COVID-19.

4. Kevin Durant

Pebasket top Kevin Durant menjadi salah satu dari empat pemain Brooklyn Nets yang positif terinfeksi COVID-19. Setelah melakukan karantina mandiri selama 14 hari, Kevin Durant yang dinyatakan positif Corona pada 18 Maret, ia akhirnya sembuh pada 2 April.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)