Jumat, 28 Agu 2020 05:53 WIB

Jenis-jenis Road Bike, Sepeda 'Sultan' yang Diusulkan Anies Bisa Masuk Tol

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Athlete on racing bike outdoors at sunset, close-up Sepeda jenis road bike diusulkan bisa masuk jalan tol (Foto: Getty Images/iStockphoto/ArtistGNDphotography)
Topik Hangat Road Bike Naik Pamor
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan road bike bisa masuk Tol Lingkar Dalam (Cawang-Tanjung Priok) pada waktu tertentu. Jenis sepeda yang satu ini memang beda dibanding sepeda pada umumnya.

Secara umum, road bike adalah jenis sepeda untuk dikendarai dengan kecepatan tinggi di jalan raya. Dalam keseharian, sering disebut sebagai 'sepeda balap' meskipun sepeda balap sendiri ada banyak jenisnya dan tidak semua dipakai di jalan raya.

Kepala bidang umum ISSI (Ikatan Sepeda Sport Indonesia) DKI Fatur Racavvara menjelaskan, road bike dicirikan dengan tapak roda yang kecil dan halus karena memang digunakan di jalan yang mulus. Tapak yang kecil memberikan hambatan yang lebih kecil sehingga bisa melaju lebih kencang.

Perbedaan lainnya adalah pada geometri atau bentuk. Geometri sepeda jenis road bike membuat pengendaranya lebih merunduk dibanding sepeda jenis lain, dengan bentuk stang atau handle bar yang biasanya mirip tanduk atau biasa disebut drop bar.

infografis sepeda balap alias road bikeInfografis sepeda balap alias road bike Foto: infografis detikHealth

Banyak jenis dan variasi

Meski demikian, road bike juga ada banyak jenis dan variasinya. Misalnya, tidak semua road bike menggunakan stang jenis drop bar.

"Ada ciri khas dari road bike yang model setangnya yang telah diperbaharui dari bentuk drop handle menjadi flat handle," jelas Fatur.

Spesifikasi juga membedakan jenis-jenis road bike. Ada yang dikhususkan untuk menempuh jarak jauh yakni jenis endurance, ada juga yang dirancang untuk mendapatkan kecepatan maksimal. Biasanya dicirikan dengan bentuk yang serba aerodinamis, bobot ringan.

Menurut Fatur, jenis road bike yang banyak dipakai dalam keseharian adalah jenis universal. Road bike jenis ini bersifat multifungsi, bisa mengakomodir kebutuhan banyak pesepeda.

"Road bike yang termasuk dalam tipe universal misalnya cyclocross bike atau sering juga disebut dengan sebutan gravel road," kata Fatur.

Athlete on racing bike outdoors at sunset, close-upJenis road bike yang bisa dipakai di jalan tanah. Foto: Getty Images/iStockphoto/ArtistGNDphotography

Sepeda 'sultan' yang sebenarnya

Jenis-jenis road bike juga bisa dikelompokkan berdasarkan harganya. Walau ada juga produk lokal yang harganya ada di kisaran Rp 5-6 juta, umumnya road bike dijual dengan kisaran harga puluhan juta rupiah tergantung spesifikasi dan jenis bahan yang digunakan.

"Kalau yang produk impor atau jenis-jenis sepeda yang suka dipakai atlet-atlet di luar negeri itu mulai dari 50 jutaan sampai dengan 300-400 jutaan (rupiah)," kata Fatur.

Kisaran harga road bike bisa dibilang lebih tinggi dibanding jenis sepeda lain. Bahkan lebih mahal dibanding sepeda lipat import yang belakangan sedang hype dengan sebutan 'sepeda sultan'.

"Brompton itu sepeda mid level aja sebenernya. Cuma karena disukai pejabat maka booming," kata Fatur.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Road Bike Naik Pamor