Minggu, 30 Agu 2020 06:35 WIB

Fit Stop

Tanjakan Km 0 Sentul, Rute Gowes yang Tak Kalah Pedes Dibanding Naik Tol

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Rute gowes km 0 sentul Salah satu tanjakan di rute gowes sekitar KM 0 Sentul (Foto: Reyhan/detikHealth)
Topik Hangat Road Bike Naik Pamor
Sentul -

Sepeda jenis road bike tengah naik daun, terlebih saat terlontar wacana jenis sepeda ini bakal diizinkan masuk jalan tol. Terlepas dari kontroversi tersebut, para penggemar road bike sebenarnya punya banyak rute gowes favorit yang tak kalah menantang.

Salah satunya yang sedang hits adalah rute KM 0 Sentul di Bogor, Jawa Barat. Rute yang jaraknya sekitar 10 kilometer dari kawasan Sentul City ini didominasi oleh tanjakan yang cukup curam dan menjadi tantangan tersendiri bagi para pesepeda.

Salah seorang pesepeda asal Jakarta Utara, Rocky (31) mengaku sangat tertantang untuk menjajal rintangan tanjakan di KM 0 Sentul. Terlebih ini adalah pertama kalinya ia mencoba bersepeda di rute tersebut.

"Kebetulan kan kita sepedanya road bike semua nih sama teman-teman. Biasanya kalau Sabtu kita di jalan raya cuman kan belakangan ini KM 0 belakangan lagi viral," kata Rocky kepada detikcom, di KM 0 Sentul, Sabtu (29/8/2020).

"Sekalian ngelatih fisik. Jadi tanjakan semua tuh yang katanya 6 kilometer nanjak terus tuh nah sekalian ini kita mau cobain," tambahnya.

Rute gowes km 0 sentulRest area di rute gowes KM 0 Sentul. Foto: Reyhan/detikHealth

Pesepeda lainnya, Yansen (30) dari Bogor Timur pun mengatakan bahwa rute KM 0 Sentul cocok bagi para pemula yang ingin melatih mental dalam bersepeda.

"Lebih ke mental ya soalnya tanjakan, terus gimana kita ngatur napas, ngatur kecepatan nggak boleh nafsu di awal-awal. Apalagi kalau sama komunitas gitu kan pengennya cepat-cepatan, padahal badan belum tentu kuat. Jadi kita harus benar-benar jaga dari awal supaya bisa finish," jelas Yansen yang menggunakan sepeda jenis road bike, Sabtu (29/8/2020).

Cocok nih bagi yang haus tantangan, sembari menunggu kepastian boleh tidaknya uji nyali gowes di tol.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Road Bike Naik Pamor