Minggu, 30 Agu 2020 05:06 WIB

Diusulkan Bisa Gowes di Tol, Anak Road Bike Takut Oleng Dihempas Angin

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Meski dilarang, para sepeda nekat melintasi JLNT Casablanca, Jakarta, Kamis (20/08/2020). Padahal hal ini sangat berbahaya bagi mereka. Pesepeda melintas di jalan layang (Foto: Rengga Sancaya)
Topik Hangat Road Bike Naik Pamor
Sentul -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan road bike bisa masuk Tol Lingkar Dalam (Cawang-Tanjung Priok) pada hari dan waktu tertentu. Bagaimana tanggapan dari anak road bike menanggapinya?

Pesepeda road bike asal Jakarta Utara, Rocky (31), mengatakan ia cukup senang dengan adanya usulan tersebut. Menurutnya, hal ini bisa menjadi tantangan baru bagi para pegiat sepeda jenis ini, namun ia berharap keamanan dalam tol dapat diperhatikan dengan baik bagi para pesepeda.

"Kalau kita sih sebagai pengguna road bike happy happy saja ya cuman dari segi keamanan harus benar-benar diperhatikan karena kita tahu sendiri di tol itu mobil high speed semua, sudah gitu angin juga lebih kencang daripada di jalan raya," kata Rocky kepada detikcom, di Sentul City, Sabtu (29/8/2020).

"Itu sebenarnya lebih berisiko juga buat pengendara sepeda, karena dari angin juga goyang-goyang, dilewatin mobil pasti oleng," tambahnya.

infografis sepeda balap alias road bikeInfografis sepeda balap alias road bike Foto: infografis detikHealth

Sementara pesepeda road bike dari Bogor Timur, Yansen (30), merasa tidak setuju dengan usulan kebijaksanaan tersebut. Menurutnya, faktor angin yang kencang dapat membahayakan para pesepeda road bike dalam jalan tol.

"Saya sih kurang setuju ya, karena road bike kan ringan. Kalau kita lagi melaju dengan kecepatan 40 (kilometer per jam) tiba-tiba di tol ada yang melaju 80 (kilometer per jam) anginnya itu kita bisa kebawa. Ini ringan sekali, jadi angin sangat berpengaruh. Menurut saya itu terlalu bahaya dan saya nggak akan mau coba," jelas Yansen dalam wawancara terpisah, Sabtu (29/8/2020).



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Road Bike Naik Pamor