Minggu, 30 Agu 2020 10:31 WIB

Derita Anak Road Bike Pemula, Tangan Kesemutan hingga Leher Pegal-pegal

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Athlete on racing bike outdoors at sunset, close-up Posisi berkendara yang lebih membungkuk membuat road bike terasa kurang nyaman bagi pemula (Foto: Getty Images/iStockphoto/ArtistGNDphotography)
Sentul -

Usulan sepeda bisa masuk Tol Lingkar Dalam (Cawang-Tanjung Priok) membuat pamor road bike melonjak. Sepeda jenis ini memang terbilang eksklusif, selain mahal juga dapat mengimbangi kecepatan kendaraan bermotor.

Namun, sama halnya dengan sepeda jenis lain, bersepeda menggunakan road bike juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Menurut pesepeda asal Bogor Timur, Yansen (30), salah satu kelebihannya adalah dapat meningkatkan performa tubuh.

"Pertama, kita mampu meningkatkan performa diri sendiri, kaya tenaga, stamina, dan kesehatan," kata Yansen kepada detikcom, di Sentul City, Sabtu (29/8/2020).

"Minusnya nggak bisa berpetualang di jalan-jalan rusak. Kondisi jalan Indonesia juga sebenarnya nggak mulus-mulus amat sebenarnya dan nggak terlalu nyaman buat pakai road bike," tambahnya.

infografis sepeda balap alias road bikeinfografis sepeda balap alias road bike Foto: infografis detikHealth

Pemula yang baru menjajal road bike juga biasanya mengeluhkan kurangnya kenyamanan. Karena memang didesain untuk melaju kencang, road bike disebut-sebut lebih tidak nyaman dibanding sepeda lipat maupun mountain bike.

"Minusnya sebenarnya banyak ya kalau nggak biasa, kaya tangan kesemutan, pinggang pegal, leher juga pasti pegal. Nah itu makanya harus di fitting yang sesuai sepedanya sama postur tubuh. Kalau nggak sesuai pasti nggak enak dipakainya," kata pengguna road bike dari Jakarta Utara, Rocky (31), Sabtu (29/8/2020).



Simak Video "Pertumbuhan Pesepeda di Masa Pandemi Bikin Komunitas Sepeda Gembira"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)