Minggu, 30 Agu 2020 08:41 WIB

Karena Sepeda Tukang Kopi 'Starling' adalah Road Bike yang Sesungguhnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Karya Fotografer sepeda Panji Indra Para 'pejuang' bersepeda di ibukota (Foto: Panji Indra @thecyclistportrait)
Jakarta -

Saat banyak orang mengunggah foto sepeda yang harganya puluhan hingga ratusan juta, seorang fotografer mengangkat sisi lain bersepeda. Foto-foto yang diunggahnya di akun @thecyclistportrait dinilai unik dan menuai banyak respons positif.

Potret pesepeda yang diambil fotografer pria bernama Panji Indra, 41 tahun, asal Tangerang, memang beda. Dengan latar belakang jalanan kota, tiap foto menampilkan seorang pesepeda yang berpose di depan backdrop berwarna abu-abu.

Objek yang difoto Panji tak melulu seseorang yang memakai sepeda mahal. Tetapi, pesepeda yang difotonya adalah pedagang atau penjual minuman keliling. Dalam captionnya, ia menggambarkan rasa kagum akan pekerjaan yang melibatkan aktivitas sepeda.

Di foto lain, Panji menampilkan tukang jahit dan tukang bakso yang juga menggowes sepeda yang telah di-custom untuk bekerja dan berjualan.

[Gambas:Instagram]




Saat ditemui detikcom di kawasan Jl Sudirman, Jakarta Pusat, Panji mengaku potret ini adalah gambaran atau sisi lain soal pesepeda. Mengapa begitu?

"Banyak yang sepedaan karena kita senang, kita hobi. Tetapi ada juga yang sepedaan karena harus. Jadi maksudnya itu kaya respect gitu loh respect sama orang-orang emang menghabiskan banyak waktunya di jalan," ungkapnya saat ditemui detikcom Sabtu (29/8/2020).

Fotografer sepeda Panji IndraFotografer sepeda Panji Indra totalitas mendokumentasikan tren bersepeda. Foto: Defara Millenia Romadhona/detikHealth

Panji mengaku salut kepada para pedagang yang harus bersepeda setiap harinya demi meraup rupiah. Tidak mudah menjalani pekerjaan tersebut, menjalani rasa lelah setiap waktu dengan bersepeda di saat mungkin memiliki banyak pilihan pekerjaan lain.

"Karena mungkin mereka bisa nyari kerjaan yang lain, yang lebih nggak capek, cuman mereka milih sepedaan mencari duit," kata Panji.

"Dan menurut gua, gua salut karena banyak orang yang sepedaan lebih daripada gua. Jadi gua pengen angkat jugalah," pungkasnya.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)