Minggu, 30 Agu 2020 06:13 WIB

Unik, Fotografer Ini Memotret Sepeda Tukang Kopi Jadi Sekeren Brompton

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Fotografer sepeda Panji Indra Fotografer ini memotret pesepeda dengan konsep berbeda (Foto: detikHealth, IG @thecyclistportrait)
Jakarta -

Sepeda memang sedang ngehits di tengah pandemi virus Corona COVID-19. Semakin banyak yang bersepeda entah untuk aktivitas sehari-hari atau sekedar menjalani hobi baru.

Rupanya hal ini nggak hanya berdampak pada toko sepeda yang kemudian laris manis. Bagi sebagian orang, tren sepeda ini menjadi inspirasi untuk menghasilkan karya kreatif.

Seperti yang dilakukan Panji Indra, pria 41 tahun asal Tangerang, fotografer profesional yang membuat sesi foto dengan konsep unik khusus para pesepeda. Jika kita terbiasa difoto dengan background studio, sesi foto Panji dilakukan di jalanan, terinspirasi dengan tema street style.

[Gambas:Instagram]




Fotografer sepeda Panji IndraWalaupun sebagian besar masih gratis, fotografer sepeda Panji Indra melakukan pemotretan di jalanan dengan totalitas. Foto: Defara Millenia Romadhona/detikHealth

Meskipun tidak dilakukan di studio, setiap sesi foto Panji tetap menggunakan lighting dan backdrop yang menjadi ciri khas atau karakter dari hasil karyanya.

Nggak cuma sepeda para 'sultan' seperti brompton maupun road bike yang terdokumentasi di media sosial @thecyclistportrait yaitu akun dari kumpulan hasil karyanya. Ia juga ikut memotret para pedagang, yang kesehariannya harus memakai sepeda, tetapi seringnya luput dari perhatian kalau mereka juga pesepeda.

Fotografer sepeda Panji IndraFotografer sepeda Panji Indra tengah memotret di Jl Thamrin, Jakarta Pusat. Foto: Defara Millenia Romadhona/detikHealth

[Gambas:Instagram]




Makanya, ia tidak ragu untuk mengabadikan momen para pedagang yang sehari-hari bersepeda demi meraup rupiah. Sekaligus mengingatkan, aktivitas sepeda sebenarnya bukan cuma soal merek sepeda yang harganya cukup mahal.

"Banyak yang sepedaan karena kita senang, kita hobi. Tetapi ada juga yang sepedaan karena harus. Jadi maksudnya itu kaya respect gitu loh respect sama orang-orang emang menghabiskan banyak waktunya di jalan," bebernya saat ditemui detikcom di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat Sabtu (29/8/2020).

[Gambas:Instagram]




Lewat foto-foto tersebut, Panji juga ingin merekam sebuah kenangan yang suatu saat nanti akan diingat orang. Melalui karyanya, Panji berharap di 10 tahun mendatang setidaknya banyak memori yang terdokumentasi saat pandemi dan tren sepeda tidak selalu ada setiap tahun.

"Maksudnya jadi kaya database saja, terus 10 tahun lagi lo tuh kita ada yang namanya pandemi. Terus abis itu ada dulu tuh 10 tahun yang lalu sepeda sempat ngetren lho," pungkasnya.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)