Kamis, 24 Sep 2020 05:31 WIB

Rajin Olahraga, Kenapa Perut Masih Tetap Buncit? Cek Penyebabnya

Elsa Himawan - detikHealth
Woman in Active Wear With Squeezed Measuring Tape on a Gray BackgroundWoman in Active Wear With Squeezed Measuring Tape on a Gray Background Susah sekali meratakan perut (Foto: Istock)
Jakarta -

Perut buncit adalah salah satu masalah bentuk tubuh yang memalukan dan sering bikin minder seseorang. Bukan itu saja, perut buncit alias obesitas sentral juga menjadi faktor risiko berbagai penyakit kronis.

Untuk mengatasi perut buncit, olahraga adalah keharusan. Namun, sudah capek-capek olahraga, bentuk perut kok masih tetap saja buncit?

Perlu diketahui, olahraga saja tidak cukup. Kamu tetap harus menjaga asupan makanan.

Dikutip dari WebMD, berikut penyebab perut buncit sekalipun sudah berolahraga:

1. Makan berlebihan

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan, terutama yang mengandung karbohidrat dan garam dapat membuat perutmu menjadi kembung. Boleh saja, bila kamu makan makanan yang mengandung karbohidrat dan garam. Asalkan, jangan berlebihan, sehingga membuat perut terasa begah.

2. Konsumsi minuman bersoda

Gelembung yang terdapat di dalam soda mengandung banyak gas. Gas itu akan masuk ke dalam ususmu. Dengan demikian, soda dapat membuat perutmu menjadi kembung. Bila sering mengkonsumsinya, jangan heran kalau perutmu tidak akan rata.

3. Makan terlalu cepat

Semakin kamu makan dengan cepat, semakin banyak juga udara yang tertelan. Udara itu dapat masuk ke usus dan membuatmu merasa kembung. Selain itu, makan terlalu cepat dapat membuat otak baru merasa kenyang usai 20 menit setelah makan. Hal ini akan membuat kamu terus-terusan makan karena merasa belum kenyang. Lama-kelamaan, kebiasaan ini akan membuat perutmu buncit.

4. Banyak mengkonsumsi asupan yang mengandung banyak susu

Makanan yang mengandung banyak susu, misalnya es krim dapat menyebabkan sakit perut dan kembung. Sebab, tubuh tidak bisa dengan mudah mencerna gula susu yang disebut laktosa. Oleh sebab itu, demi mempunyai bentuk perut ideal, kurangi asupan yang mengandung banyak susu.



Simak Video "Gerakan Efektif Untuk Mengecilkan Perut Buncit"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)