Minggu, 27 Sep 2020 17:30 WIB

Wajib Pasang Spakbor Dkk, Ini Rincian Budget Ekstra di Luar Harga Sepeda

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Pesepeda Virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images)
Topik Hangat Aksesori Gowes
Jakarta -

Pemerintah telah mengeluarkan aturan untuk menjamin keselamatan para pesepeda. Aturan tersebut antara lain mengharuskan sepeda dilengkapi spakbor dan beberapa aksesori wajib lainnya.

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan. Selain spakbor, aksesoris yang wajib ada pada sepeda mencakup bel dan lampu penerangan.

Adanya kewajiban ini mengharuskan pesepeda menyiapkan budget ekstra untuk bisa gowes dengan aman dan nyaman. Faktanya, aksesoris yang wajib ada tidak selalu tersedia sebagai kelengkapan standar saat beli sepeda baru.

Spakbor misalnya, hanya tipe sepeda tertentu saja yang sudah dilengkapi aksesori tersebut. Misalnya sepeda lipat dan jengki. Sedangkan sepeda balap alias roadbike bisa dibilang tidak ada yang dijual dengan spakbor sebagai kelengkapan standar.

Sebagai gambaran, rincian harga aksesori wajib bisa disimak dalam infografis berikut:

Sepeda Wajib Pakai Spakbor dan Reflektor, Butuh Budget Berapa?Sepeda Wajib Pakai Spakbor dan Reflektor, Butuh Budget Berapa? Foto: infografis detikHealth

Lalu butuh budget berapa untuk melengkapinya? Pengamatan detikcom, harga spakbor dan aksesori wajib lainnya cukup beragam. Ada banyak pilihan, dari yang sangat murah hingga sangat mahal.

"Kalau untuk harga, perbedaannya sendiri terletak di bahan. Yang mahal biasanya karena bahannya bagus," kata Wendy, pemilik Toko Sepeda Jaya Makmur di Tambun, Bekasi.

Bel sepeda juga memiliki rentang harga yang sangat variatif. Begitu pula jenisnya. Ada model vintage yang bunyinya 'kring kring', hingga versi simpel yang lebih kekinian dengan bunyi 'ting ting'. Ingin lebih variatif, bel elektrik juga ada banyak macamnya.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Aksesori Gowes