Senin, 09 Nov 2020 06:55 WIB

Gowes di Jakarta Takut Dibegal, Main-main Dulu Lah di Tangsel

Farah Nabila - detikHealth
5 Jalur Sepeda di Tangsel dan sekitarnya Rute bersepeda di Mozia BSD Tangsel (Foto: Farah Nabila/detikHealth)
Tangerang Selatan -

Kasus begal pesepeda sedang marak terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Tren bersepeda di tengah pandemi COVID-19 digunakan para pelaku kejahatan untuk melakukan aksi begal para pengendara sepeda. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati saat bersepeda agar terhindar dari pelaku begal.

Para penjahat biasanya mengintai korban yang sedang bersepeda di lokasi yang sepi. Pelaku mengincar barang berharga milik pesepeda seperti dompet atau ponsel. Untuk itu, pesepeda diimbau untuk menghindari jalur sepi agar terhindar dari incaran begal. Jika terpaksa melewati jalur sepi, berjalanlah dengan beriringan.

Kasus begal ini membuat para pesepeda khawatir untuk bersepeda di jalan raya. Beberapa pesepeda memilih bersepeda di jalur khusus sepeda yang dinilai lebih aman. Jalur sepeda perbukitan dapat menjadi pilihan bagi pesepeda yang gemar menggunakan sepeda gunung.

5 Jalur Sepeda di Tangsel dan sekitarnyaButuh rute bersepeda yang lebih menantang? Bisa dicoba nih. Foto: Farah Nabila/detikHealth

Billy, warga BSD, Tangerang Selatan, lebih senang bersepeda di trek sepeda JPG (Jalur Pipa Gas), karena dinilai lebih aman. "Saya sih lebih khawatir kalo main sepeda di jalan, kalau di trek aman lah, insya Allah," ujar Billy (43) pada detikcom (7/11/20).

Berbeda dengan William, yang merupakan anggota komunitas Sweet Spot Cycling Club, tetap memilih bersepeda di jalan raya walaupun sedang marak aksi begal pesepeda.

"Awal-awalnya iya sih (khawatir), cuma kan bareng-bareng terus sekarang kita pake tas dalem semua tas pinggang, kebanyakan yang dibegal barangnya di kantong, gitu," ujar William (24) pada detikcom (7/11/20).

Meningkatkan tingkat kewaspadaan selama perjalanan juga perlu diperhatikan agar bersepeda tetap aman dan nyaman. Hindari memperlihatkan barang-barang berharga selama bersepeda agar terhindar dari aksi begal.

5 Jalur Sepeda di Tangsel dan sekitarnyaBanyak rute yang teduh dan mulus. Foto: Farah Nabila/detikHealth

Simak juga 5 rekomendasi rute bersepeda yang hits di Tangerang Selatan dan sekitarnya.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)