Minggu, 15 Nov 2020 07:37 WIB

Ingin Punya Otot Lengan Seperti Arnold Schwarzenegger? Ini Rahasianya

Kanya Anindita - detikHealth
Arnold Schwarzenegger Arnold Schwarzenegger di masa muda (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Arnold Schwarzenegger menjadi panutan bagi banyak orang sebagai binaragawan. Dia mampu melakukan hal-hal tertentu saat gym yang mungkin dianggap terlalu berat untuk dilakukan oleh orang biasa. Untuk atlet tingkat lanjut, gejala overtraining seperti kelelahan secara kronis dan cedera dapat terjadi karena mengikuti pola latihan Arnold.

Semua binaragawan tua dan muda, baik pemula dan profesional bisa mengikuti pola latihan yang diajarkan oleh Arnold. Namun, tetap harus menyesuaikan dengan kemampuan diri karena setiap orang memiliki kekuatan tubuh yang berbeda-beda.

Dikutip dari Insider, pemula bisa melakukan 2-3 set per latihan dan untuk binaragawan kompetisi sekitar 3-5 set per latihan. Saat bulking up, Schwarzenegger melakukan split 6 hari dan memukul lengan 2 kali seminggu. Jangka waktu yang ditempuh sebanyak 45 menit untuk trisep, 45 menit untuk bisep, dan 30 menit untuk lengan.

Latihan rutinitas yang ia jalani memerlukan waktu istirahat yang cukup lama, yakni 3-4 hari istirahat latihan lengan disertai pemulihan otot. Selain itu, Arnold lebih mengutamakan gerakan yang berkualitas meskipun proses menuju pertumbuhan otot sedikit lama. Percuma saja bila latihan setiap saat, namun tubuh tidak istirahat, maka hasil yang didapat juga tidak optimal.

Beberapa latihan yang bisa dipraktikkan, seperti:

1. Cheating barbell curl

Memiringkan bagian atas tubuh ke arah belakang agar memudahkan terangkatnya beban. Bisa dilakukan sebanyak 5-8 set dengan 8-12 kali repetisi/pengulangan.

2. Incline dumbbell curl

Gerakan ini berupa gerakan mengangkat beban tanpa menggerakkan bahu dengan kekuatan penuh, kemudian turunkan beban secara perlahan. Bisa dilakukan sebanyak 5-8 set dengan 8-12 kali repetisi/pengulangan.

3. One-Arm concentration curl

Gerakan mengangkat beban dengan konsentrasi penuh pada satu lengana. Bisa dilakukan sebanyak 5 set dengan 10 kali repetisi/pengulangan.

4. Standing alternate dumbbell curl

Gerakan mengangkat beban dengan kedua lengan sambil posisi berdiri, kemudian mulailah angkat beban secara bergantian. Bisa dilakukan sebanyak 5 set dengan 10 kali repetisi/pengulangan.



Simak Video "Push up Bersama Taman Fitness Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)