Jumat, 27 Nov 2020 05:31 WIB

Gara-gara Edhy Prabowo, Pegowes Pemula Jadi Kenal Istilah Wheelset

Tim detikHealth - detikHealth
Specialized S-Works Roubaix dari kasus terkait Edhy Prabowo? (Repro detikcom, Antara, Specialized) Specialized S-Works Roubaix dari kasus terkait Edhy Prabowo? (Repro detikcom, Antara, Specialized)
Jakarta -

Salah satu barang bukti yang diamankan dari Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo adalah sepeda. Dalam foto yang beredar, salah satu komponen yang diperlihatkan adalah wheelset.

Sepeda yang konon berjenis roadbike dan harganya ratusan juta rupiah tersebut dibawa dalam kondisi belum dirakit, masih berada dalam box. Wheelset hanya salah satu di antara berbagai komponen sepeda, termasuk frame atau rangka.

Bagi pegowes pemula yang umumnya membeli sepeda dalam kondisi siap pakai, berbagai istilah teknis seperti wheelset mungkin terdengar asing. Sebenarnya apa yang dimaksud wheelset?

Rocky, seorang pegowes dari komunitas Green Fly Cycling Team, menjelaskan bahwa orang awam biasanya mengenal wheelset dengan istilah pelek atau velg.

Lebih tepatnya, pelek atau rims sendiri merupakan salah satu komponen penyusun wheelset. Selain pelek, wheelset juga tersusun dari jeruji atau spoke dan poros atau hub. Pada jenis sepeda yang menggunakan rem cakram, piringan rotor umumnya juga termasuk dalam wheelset.

Ban atau roda sendiri biasanya tidak termasuk dalam komponen wheelset. Namun dalam penggunaannya, ban serta wheelset adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Nggak mungkin juga kan pakai wheelset tanpa pakai ban, maupun sebaliknya?

Berapa sih harga wheelset?

"Nah kalau harganya itu ada yang jutaannya satu digit sampai jutaannya tiga digit. Sampai ratusan juta juga ada. Jadi memang lumayan gila, satu wheelset itu bisa dapat mobil," jelas Rocky.

Ada beberapa faktor yang menentukan harga wheelset, salah satunya material atau bahan yang digunakan. Wheelset dari bahan karbon relatif paling mahal karena kuat tetapi juga ringan.

"Kisaran Rp 6 jutaan ada, ini yang bahan carbon ya sampai ratusan. Yang biasa banyak dipakai sih kisaran 30-50-an ya," lanjutnya.

Selain harganya yang variatif, jenis-jenis wheelset juga ada banyak ragamnya. Pada umumnya, jenis dan karakteristik wheelset akan menyesuaikan peruntukan dan jenis sepeda yang dipakai.



Simak Video "Pesepeda Indonesia Kian Banyak, Gimana Fasilitas Umum Pendukungnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)